kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra Honda Motor (AHM) Pasang Panel Surya di Pabrik Berkapasitas 8.760 kWp


Minggu, 30 Oktober 2022 / 23:46 WIB
 Astra Honda Motor (AHM) Pasang Panel Surya di Pabrik Berkapasitas 8.760 kWp
ILUSTRASI. Pekerja menyelesakan perkaitan sepeda motor di Pabrik Astra Honda Motor Sunter Jakarta,


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam upaya mendukung pengurangan pemanasan global, PT Astra Honda Motor (AHM) meresmikan penggunaan solar panel sebagai salah satu sumber energi baru terbarukan (EBT) untuk mendukung kegiatan operasional pabrik AHM di Karawang pada Rabu (26/10) lalu.

Dengan penambahan ini, total solar panel yang terpasang di beberapa fasilitas pabrik AHM telah mencapai 8.760 kWp.

Pemasangan solar panel merupakan bagian dari upaya perusahaandalam mengimplementasikan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) pada berbagai aktivitas perusahaan.

Sejak 2014 hingga saat ini, sebanyak 18.270 modul panel surya telah terpasang di atap gedung pabrik AHM Karawang, pabrik AHM Cikarang, dan AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat.

Baca Juga: 6 Pilihan Harga Mobil Baru Murah Meriah dari Rp 100 Jutaan per Akhir Oktober 2022

Seluruh panel surya yang terpasang tersebut memiliki kapasitas sistem sebesar 8.760 kWp dan mampu menghasilkan listrik sebesar 9.477.077 kWh pertahun. Hal ini setara dengan pengurangan 8.246 ton emisi karbon dioksida (CO2) per tahun menuju pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

GM General Affairs AHM Merry Heryana mengatakan, seluruh daya yang dihasilkan tersebut disalurkan dan digunakan untuk kegiatan utama proses produksi dan kegiatan penunjang produksi. Pemanfaatan solar panel sebagai salah satu sumber EBT perusahaan di masa mendatang.

“Kami terus berupaya dan berinovasi dalam melakukan pemanfaatan energi terbarukan untukmengimplementasikan ESG dan merealisasikan program Sustainability Development Goals (SDGs)," ujar Merry dalam siaran pers, Jumat (28/10).

Sistem operasi solar panel di AHM adalah berjenis On Grid dengan sistem photovoltaic yang mampu mentransformasi sinar matahari menjadi energi listrik. Selanjutnya, energi listrik yang dihasilkan akan disalurkan secara paralel dan disinkronisasi ke berbagai aktivitas perusahaan yang membutuhkan energi listrik.

Dengan mengimplementasikan Solar Photovoltaic yang didukung teknologi maju dan modern, AHM turut berkontribusi dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan ancaman perubahan iklim yang selaras dengan implementasi budaya Green Energy yang diterapkan perusahaan.

Baca Juga: Pasar Otomotif Nasional Masih Didominasi oleh Grup Astra Sepanjang Tahun Ini

Beragam program lainnya telah dijalankan oleh AHM dalam implementasi ESG guna mendukung pelestarian lingkungan, seperti penanaman pohon, water recycleprogram, pemanfaatan dan pengolahan sampah.

Upaya lainnya juga dilakukan berupa kampanye penyelamatan lingkungan dalam aktivitas perusahaan guna mendukung pengurangan pemanasan global, sekaligus pengurangan emisi karbon di lingkungan perusahaan.

Selain berperan aktif dalam pelestarian lingkungan, AHM juga mewujudkan komitmen implementasi ESG dalam menghasilkan produktivitas kerja yang konsisten dan berkelanjutan melalui implementasi budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta tata kelola perusahaan yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×