kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.014,29   -5,91   -0.58%
  • EMAS930.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Astra Tol Cipali Operasikan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Kertajati


Senin, 20 Desember 2021 / 19:13 WIB
Astra Tol Cipali Operasikan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Kertajati
ILUSTRASI. Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo meresmikan jalan tol akses Bandara Internasional Kertajati di Gerbang Kertajati Utama, Senin (20/12/2021).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Astra Tol Cipali mengoperasikan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Acara peresmian tersebut dihadiri Wakil Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Majalengka serta Direksi Astra Infra, yang digelar pada Senin (20/12) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa mengatakan, pembangunan jalan tol Akses BIJB Kertajati merupakan salah satu perwujudan komitmen Astra Infra untuk terus meningkatkan kontribusi bagi kemajuan infrastruktur di Indonesia, meskipun di tengah pandemi Covid-19. 

Pekerjaan pembangunan jalan tol Akses BIJB Kertajati terhubung langsung dengan jalan tol Cipali di KM 158+700 yang merupakan akses pembuka konektivitas bagi wilayah Majalengka dan sekitarnya.

Jalan tol Akses BIJB Kertajati yang memiliki panjang jalan sekitar ± 3.7 km, dengan lebar lajur 3,6 meter, berjumlah 4 lajur untuk 2 arah ini merupakan penambahan ruang lingkup yang menjadi bagian dari jalan tol Cikopo-Palimanan.

Baca Juga: KPPIP: Tol Cisumdawu siap beroperasi sebagian di akhir tahun 2021

Dengan beroperasinya jalan tol akses BIJB Kertajati yang menghubungkan langsung tol Cipali menuju BIJB Kertajati akan semakin mempermudah konektivitas. Hal ini diharapkan akan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat daerah sekitar.

Pembangunan jalan tol Akses Kertajati ini juga akan melengkapi keberadaan BIJB Kertajati, yang merupakan kebanggaan Jawa Barat dan Majalengka khususnya. "Kontribusi Astra Infra dalam pembangunan tol akses ini akan menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus bentuk perwujudan filosofi ASTRA, yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” kata Tet Fa dalam keterangan tertulis yang disiarkan Senin (20/12).

Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis menerangkan bahwa proses pembangunan yang memakan waktu 12 bulan ini telah mengantongi izin pengoperasian tanggal 6 Desember 2021 melalui surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1514/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai bagian dari jalan tol Cikampek-Palimanan.

Selain itu, ditetapkan juga  Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1515/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraaan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Akses Bandar Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sebagai bagian dari Jalan Tol Cikampek-Palimanan.

Dengan beroperasinya jalan tol Akses BIJB Kertajati pada tanggal 20 Desember 2021, imbuh Firdaus, maka Gerbang Tol Kertajati Utama dapat dilalui dengan tarif yang sama seperti gerbang tol Kertajati. Adapun, pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati rampung pada bulan September yang dilanjutkan dengan uji laik fungsi dan uji laik operasi pada bulan Oktober lalu dan telah memenuhi standar pelayanan minimal.

"Kami berharap peningkatan layanan yang diberikan Astra Tol Cipali dapat memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan saat berkendara khususnya menunjang perekonomian di wilayah sekitar," ujar Firdaus.

Sebagai informasi, jalan tol ini sebagai jalan akses yang terhubung dengan jalan tol Cisumdawu, menjadi bagian dari program Rebana Metropolitan dengan menghubungkan tiga pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat yakni Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban serta pengembangan ekonomi Kawasan Ciayu Majakuning.

Astra Tol Cipali tidak hanya fokus kepada infrastruktur jalan saja, namun juga beautifikasi wilayah pembangunan akses BIJB Kertajati. Sebagai bagian dari wilayah Jawa Barat, Astra Tol Cipali membangun icon atau landmark yang berada di interchange jalan tol Akses BIJB Kertajati.

Ikon angklung dan terasering menjadi ciri khas dan keindahan budaya Jawa Barat sehingga Astra Tol Cipali mengusung tema “Melodi Panarima”, yang memiliki arti menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan. 

Asal tahu saja, pekerjaan pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati ini telah selesai dilakukan oleh Project Management Consultant Astra Infra Solutions beserta kontraktor pelaksana PT Acset Indonusa Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero), Tbk dengan konsultan supervisi PT Mitrapacific Consulindo International dan konsultan pengendalian mutu independen PT Eskapindo Matra. 

Baca Juga: Inilah deretan jalan tol baru yang beroperasi di akhir tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Berkomunikasi dengan Diplomatis dan Asertif

[X]
×