kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,75   -7,79   -0.82%
  • EMAS917.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.87%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.50%

Aturan terbaru naik kereta api: Bawa surat GeNose, rapid test antigen, atau PCR


Rabu, 27 Januari 2021 / 13:07 WIB
Aturan terbaru naik kereta api: Bawa surat GeNose, rapid test antigen, atau PCR

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Pelanggan kereta api (KA) jarak jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19. Ketentuan ini mulai pada 26 Januari-8 Februari 2021. 

Surat itu sebagai syarat kesehatan bagi individu yang akan melakukan perjalanan. “Harus menunjukkan surat keterangan hasil pemeriksaan GeNose Test atau rapid test antigen atau RT-PCR yang menyatakan negatif Covid-19,” ujar Manager Humasda PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo saat dihubungi Rabu (27/1/2021). 

Aturan tersebut sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 11 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Pandemi Covid-19. 

Surat keterangan hasil negatif Covid-19 dari pemeriksaan GeNose Test, rapid test antigen atau RT-PCR tersebut harus diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan. Persyaratan tersebut tidak diwajibkan bagi pelanggan yang berusia di bawah 12 tahun. 

Baca Juga: Siapkan test GeNose, penumpang KAI bisa test 3 hari sebelum naik kereta

Untuk pemeriksaan GeNose Test di stasiun, rencananya akan tersedia secara bertahap mulai 5 Februari 2021. Saat ini masih dalam tahap persiapan bersama pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). 

"Pada tahap awal, layanan tersebut rencananya akan disediakan di Stasiun Gambir dan Yogyakarta terlebih dahulu," ujar Kuswardoyo. 

Untuk saat ini, Daop 2 menyediakan layanan rapid test antigen di 4 stasiun, yakni Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Tasikmalaya, dan stasiun Banjar seharga Rp 105.000. 

Baca Juga: Mengenal 3 jenis mutasi virus corona, salah satunya ditemukan di Indonesia

Pelanggan yang ingin melakukan rapid test antigen di stasiun diharuskan menyiapkan tiket KA jarak jauh atau kode pemesanan yang sudah dibayarkan lunas dan kartu identitas asli. 

Setiap pelanggan KA jarak jauh harus dalam kondisi sehat dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. 
Kemudian, wajib memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut, serta diimbau mengenakan pakaian lengan panjang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perhatikan, Ini Aturan Baru Naik Kereta Api Jarak Jauh"
Penulis : Kontributor Bandung, Reni Susanti
Editor : Abba Gabrillin

 

Selanjutnya: ​Tes virus corona GeNose, ini harga, cara kerja, dan akurasinya

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 9 Capital Investment Model & Presentation

[X]
×