kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Avanza dongkrak penjualan Auto 2000


Senin, 30 Juli 2012 / 16:46 WIB
Avanza dongkrak penjualan Auto 2000
ILUSTRASI. Subholding Sarana Infrastruktur Krakatau Steel (KRAS) ditargetkan IPO pada kuartal pertama tahun depan.


Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Pertumbuhan pasar mobil nasional semester I turut mendongkrak penjualan diler utama produsen mobil, salah satunya Auto 2000 selaku diler utama PT Toyota Astra Motor (TAM).

Rahmat Samulo Chief Marketing Auto 2000 menuturkan, pasar mobil nasional cenderung tumbuh walaupun ada kenaikan tarif down payment (DP). “Semester I, Auto 2000 berkontribusi sebesar 80% terhadap total penjualan Toyota,” ungkapnya kepada Kontan di Jakarta, Senin (30/7).

Perlu diketahui, penjualan Toyota semester I mencapai 202 ribu unit yang naik 36,5% dibandingkan waktu yang sama tahun lalu. Sementara, kontribusi Auto 2000 di semester I 2012 mencapai 161.600 unit.

Kinerja penjualan ini naik 31,9% dari penjualan di periode yang sama tahun 2011 sebesar 122.500 unit. Rahmat mengatakan, di semester I 2012, angka permintaan tertinggi terjadi di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Untuk penjualan tertinggi Auto 2000, masih dipegang oleh model Toyota Avanza dengan permintaan sebanyak 20.000 unit per bulan. “Namun kapasitas pengiriman masih sebatas 15.000 unit per bulan sehingga sisanya sebesar 5.000 unit harus indent sebulan,” ujarnya.

Auto 2000 juga optimis bahwa target penjualan tahun 2012 sebesar 273.000 unit akan tercapai. Jika tercapai, Auto 2000 akan mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 11,4% dari total penjualan di tahun 2011 sebesar 245.000 unit.

Auto 2000 sendiri memiliki kontribusi sebesar 78% dari total penjualan Toyota yang mencapai 310.674 unit pada tahun 2011. Untuk mendukung target penjualan, Auto 2000 di tahun 2012 akan menggelontorkan dana investasi Rp 850 miliar untuk membangun 22 diler baru.

Total dana yang dikeluarkan selama tahun 2011 sampai 2012 adalah Rp 1,55 triliun yang digunakan untuk membangun 8 diler di tahun 2011 dan 22 diler di tahun ini. Saat ini, Auto 2000 memiliki 156 diler yang tersebar hampir merata di seluruh daerah di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×