kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.490.000   -5.000   -0,33%
  • USD/IDR 15.565   20,00   0,13%
  • IDX 7.560   39,05   0,52%
  • KOMPAS100 1.173   4,74   0,41%
  • LQ45 938   4,49   0,48%
  • ISSI 228   1,12   0,49%
  • IDX30 481   1,52   0,32%
  • IDXHIDIV20 577   -0,47   -0,08%
  • IDX80 134   0,48   0,36%
  • IDXV30 141   -0,93   -0,66%
  • IDXQ30 160   -0,35   -0,22%

Badan Geologi ESDM Luncurkan Aplikasi GeoMap Up-Scale dan Web Perputakaan


Senin, 14 Oktober 2024 / 20:05 WIB
Badan Geologi ESDM Luncurkan Aplikasi GeoMap Up-Scale dan Web Perputakaan
ILUSTRASI. Warga berjalan di bawah hujan abu vulkanik setinggi 5.809 mdpl berwarna kelabu akibat letusan gunung Soputan, di atas Desa Kota Menara, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Rabu (3/10). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi memutuskan menetapkan status aktivitas Gunung Soputan yang meletus pada Rabu (3/10) pukul 08.47 Wita, naik dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga). ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/ama/18.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Geologi yang berada di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meluncurkan dua inovasi, yaitu GeoMap Up-Scale dan Aplikasi Web Perpustakaan. 

 Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid mengatakan, aplikasi GeoMap Up-Scale merupakan layanan berbasis web yang memberikan akses gratis ke peta-peta geologi yang dihasilkan Badan Geologi. Menurut Wafid, peta-peta ini memiliki peran penting dalam berbagai sektor. 

“Peta-peta ini dapat bermanfaat memberikan pelayanan untuk menunjang dalam menyusun rencana pembangunan nasional, dalam menyusun penataan ruang, pengendalian lingkungan dan infrastruktur, mitigasi bencana, edukasi dan lain sebagainya” jelas Wafid dalam keterangan resmi, Senin (14/10). 

GeoMap Up-Scale menghadirkan berbagai fitur terbaru, seperti peningkatan jumlah tema peta dari 12 menjadi 60 dan jumlah koleksi peta dari 4.882 menjadi 6.569 peta. Terdapat beberapa tema peta, mulai dari Peta Geologi, Peta Patahan Aktif, Peta Potensi Batubara, Peta Potensi Mineral Bukan Logam, Peta Wilayah Rawan Bencana Gempa Bumi Indonesia, Peta Hidrogeologi, Peta Cekungan Air Tanah, Peta Sebaran Sedimen Dasar Laut, Peta Sumber Daya Mineral Kelautan Indonesia dll.  Aplikasi ini dapat diakses oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah, akademisi, hingga sektor industri.

Sementara itu, aplikasi web perpustakaan memungkinkan pengguna untuk mengakses koleksi geologi dari berbagai satuan kerja di Badan Geologi secara daring selama 24 jam. Aplikasi ini merupakan wujud komitmen Badan Geologi untuk mempermudah akses publik terhadap informasi geologi.

Baca Juga: Peneliti BRIN: Gempa Megathrust Selat Sunda Bisa Picu Tsunami hingga Jakarta

Aplikasi web perpustakaan Geologi menyediakan akses ke koleksi yang terintegrasi dari berbagai pusat, seperti Pusat Survei Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dan Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi. Selain itu, aplikasi ini juga akan terus dikembangkan, termasuk fitur interaktif yang memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi langsung dengan pustakawan secara daring.

Menurut Wafid, peluncuran kedua aplikasi ini bagian dari upaya Badan Geologi untuk terus berinovasi dalam menghadirkan pelayanan yang lebih efisien, mudah diakses, dan transparan. Dengan adanya GeoMap Up-Scale dan Aplikasi Web Perpustakaan Geologi, diharapkan layanan publik dalam bidang geologi akan semakin maju, memudahkan berbagai pihak untuk mendapatkan data dan informasi yang mereka butuhkan dalam mendukung pengembangan sektor energi dan sumber daya mineral.

“Perkembangan teknologi dan informasi menuntut kita untuk melakukan digitalisasi pelayanan publik yang berkualitas dan adapatif. Aplikasi layanan GeoMap dan Perpustakaan Geologi saya harapkan menjadi bagian dari transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyedian berbagai tema peta,” pungkas Wafid.

Selanjutnya: Sakti Wahyu Trenggono: Saya Diminta Membantu Prabowo di Kabinet

Menarik Dibaca: Clarte Jewellery Gelar Pameran Perhiasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×