kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Bali Towerindo Sentra (BALI) alokasikan Rp 250 miliar untuk membangun menara MCP


Jumat, 21 Juni 2019 / 20:15 WIB

Bali Towerindo Sentra (BALI) alokasikan Rp 250 miliar untuk membangun menara MCP


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bali Towerindo Setra Tbk (BALI) berencana membangun 500 menara Microcell Pole (MCP) hingga akhir tahun 2019. Pembangunan ini akan mencuil separuh dari alokasi belanja modal tahun ini.

"Total capex (capital expenditure) tahun 2019 kurang lebih Rp 500 miliar," terang Wakil Direktur Bali Towerindo Sentra, Lily Hidayat dalam paparan publik, Jumat (21/6).

Dari jumlah tersebut, sekitar Rp 250 miliar dimanfaatkan untuk pembangunan menara MCP khususnya untuk pengeluaran teknis dan pemasaran. Untuk pendanaan berasal dari internal perusahaan dan pinjaman.

Direktur PT Bali Towerindo Sentra Tbk Robby Hermanto menjelaskan MCP ini akan dibangun di Jabodetabek, Surabaya, dan Bali. Pemilihan lokasi inimempertimbangkan PDB, kepadatan, dan pengembangan usaha di daerah itu. Walaupun diakui Robby, tidak menutup kemungkinan akan merambah ke wilayah lainnya.

Di tahun 2019, perusahaan memang akan lebih fokus membangun menara MCP. Mereka melihat untuk saat ini pasar lebih membutuhkan menara MCP dibandingkan menara makro.

Menurut Robby, kebutuhan pasar akan menara makro kini mulai jarang, tidak seekspansif sekitar tahun 2010 dulu. " Investasinya lebih besar sementara kebutuhannya tidak ada, ya untuk apa," kata Robby dalam kesempatan yang sama.

Hingga kuartal I-2019, tercatat jumlah menara yang dibangun oleh perusahaan sebanyak 1.636 unit. Padahal, sepanjang tahun 2018 perseroan memiliki 1.589 menara. Sebagian besar dari penambahan menara tersebut adalah menara MCP.


Reporter: Kenia Intan

Video Pilihan


Close [X]
×