kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bantu penanganan Covid-19, RNI produksi oksigen secara mandiri


Minggu, 11 Juli 2021 / 09:44 WIB
Bantu penanganan Covid-19, RNI produksi oksigen secara mandiri
ILUSTRASI. PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) memiliki solusi pemenuhan oksigen dengan memproduksi oxygen generator buatan dalam negeri.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 dan meningkatnya kebutuhan oksigen medis, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) memiliki solusi pemenuhan oksigen dengan memproduksi oxygen generator buatan dalam negeri.

RNI group melalui anak perusahaan Mitra Rajawali Banjaran (MRB) berinovasi memproduksi alat kesehatan bernama Hype Oxygen Generator yang dapat memproduksi gas oksigen secara mandiri, mulai dari type 02G-50 yang mampu memproduksi oksigen 50 liter per menit. Lalu, 02G-100 dengan kemampuan produksi oksigen 100 liter per menit, 02G-200 dengan kemampuan oksigen 200  liter per menit, 02G-300 dengan kapasitas produksi oksigen 300 liter per menit, hingga 02G-500 dengan produksi oksigen 500 liter/menit.

Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi mengatakan, inovasi ini sejalan dengan Instruksi Presiden No.6 Tahun 2016 kepada Menteri BUMN untuk meningkatkan kemampuan BUMN industri farmasi dan alat kesehatan (Alkes) melakukan pengembangan Alkes guna mewujudkan kemandirian dan daya saing industri alat kesehatan dalam negeri.

Baca Juga: Kimia Farma (KAEF) klaim jual obat Covid-19 sesuai dengan HET yang berlaku

Arief menambahkan, inovasi alat ksehatan oxygen generator ini mampu membuat pabrik oksigen secara mandiri di setiap rumah sakit tanpa bergantung dengan metode PSA atau pressure swing adsorption, yakni dengan memisahkan kandungan nitrogen dari udara, sehingga tercipta oksigen dengan purity 93% (+/- 2%) sesuai standard medis World Health Organization (WHO).

“Inovasi ini dilakukan pada Kuartal II-2021 dan beberapa RS telah melakukan pemesanan mulai tipe 50 liter per menit hingga tipe 200 liter per menit,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kontan.co,id, Minggu (11/7).

Ia berharap, lonjakan kasus Covid-19 yang akhir - akhir ini menyebabkan kebutuhan oksigen meningkat dapat menjadi solusi bagi setiap rumah sakit untuk pertolongan penanganan virus. Alhasil, masyarakat yang terpapar Covid-19 dan membutuhkan penanganan oksigen dapat segera terbantu jika setiap rumah sakit memiliki kelengkapan alat kesehatan seperti oxygen generator yang memproduksi oksigen mandiri seperti pabrik.

Oxygen generator ini termasuk salah satu alat yang direkomendasikan WHO dalam pemenuhan kebutuhan oksigen untuk penanganan Covid-19. Lantas, RNI Group siap melakukan pengadaan alat kesehatan oxygen generator dengan kapasitas produksi 5 unit per 1,5 bulan Hype Oxygen Generator buatan dalam negeri.

Sebagai upaya penanggulangan Covid-19, RNI akan berkoordinasi dengan Kementerian  Perindustrian maupun Kementerian Kesehatan untuk pengadaan oxygen generator di setiap rumah sakit.

Ke depannya tidak tertutup kemungkinan RNI akan memperluas jaringan distribusi ke pelaku usaha atau pabrik - pabrik oksigen yang memproduksi secara retail produk oksigen untuk kebutuhan rumah tangga atau masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Selanjutnya: Kemenperin terima bantuan 600 oksigen consentrator dari perusahaan tekstil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×