kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini kesiapan Pertamina amankan stok BBM dan LPG saat Natal dan tahun baru


Jumat, 20 Desember 2019 / 21:44 WIB
Begini kesiapan Pertamina amankan stok BBM dan LPG saat Natal dan tahun baru
ILUSTRASI. PT Pertamina memastikan stok BBM dan LPG selama perayaan Natal dan tahun baru dalam kondisi yang aman. KONTAN/Baihaki/9/8/2019


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) selama perayaan Natal dan Tahun Baru dalam kondisi yang aman.

Pertamina menjelaskan, ketahanan stok nasional BBM jenis Gasoline berada pada kisaran 19 hari, Gasoil sebanyak 16 hari, Avtur sebanyak 15 hari sedangkan LPG sebanyak 17 hari.

Baca Juga: Pemerintah bantu fasilitasi pendanaan smelter, ini tanggapan pengamat dan pengusaha

Sedangkan untuk mendukung distribusi nasional, Pertamina juga telah menyiagakan sebanyak 116 Terminal BBM, 23 Terminal LPG dan 69 DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) yang tersebar di Indonesia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam siaran pers bilang ketahanan stok yang disiapkan Pertamina telah mengantisipasi adanya kenaikan permintaan BBM sekitar 5% dan LPG sekitar 3% di bandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

“Pertamina sudah memperhitungkan adanya kenaikan permintaan BBM sejalan dengan beroperasinya berbagai jalur tol baru yang akan difungsikan pada Natal dan Libur Tahun Baru seperti Jakarta-Cikampek (elevated), Palembang–Bakauheni dan Balikpapan-Samarinda,” ujar Fajriyah, dikutip Jumat (20/12).

Baca Juga: MNC Asset Management jelaskan sebab kelebihan portofolio yang disuspensi OJK

Fajriyah menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan BBM Pertamina juga menyiagakan layanan khusus pada jalur mudik berupa Kiosk Pertamax sebanyak 4 titik, Motor Kemasan 19 titik dan SPBU Kantong di 123 titik.

Adapun, layanan ini di luar fasilitas regular Pertamina pada jalur utama mudik yakni jalur Pantura (Pantai Utara) Arteri sebanyak 219 SPBU, Jalur Pansela (Pantai Selatan) sebanyak 77 SPBU, Jalur Tol Jawa 72 SPBU, Jalur Tol Sumatera 14 SPBU dan Jalur Tol Kalimantan 1 SPBU.

“Kami akan memberikan pelayanan energi terbaik agar masyarakat bisa dengan aman dan tenang di perjalanan untuk merayakan Natal dan Tahun Baru,” imbuh Fajriyah.

Baca Juga: Garap pasar Taiwan 2020, Indonesian Tobacco (ITIC) targetkan ekspor tumbuh 20%

Sementara itu, untuk layanan LPG, Pertamina telah menyiagakan 638 SPBBE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji), 3.264 agen LPG (baik PSO maupun NPSO) dan 32.258 pangkalan LPG siaga.

“Dengan jumlah titik layanan sebanyak itu, maka Pertamina memastikan layanan kebutuhan LPG tetap dapat terlayani dengan baik selama masa Natal dan Tahun Baru,” ujar Fajriyah.

Fajriyah menjelaskan, masyarakat yang membutuhkan informasi tentang lokasi SPBU, lokasi agen LPG atau seputar kendala di perjalanan bisa menghubungi Pertamina Call Center 135 maupun melalui aplikasi My Pertamina di gadget masing-masing.

Baca Juga: Permintaan lokal naik, Indonesian Tobacco (ITIC) catat penjualan neto Rp 120 miliar

Selain transaksi tunai, Fajriyah mengungkapkan, masyarakat dapat bertransaksi di SPBU dengan beragam promo menarik menggunakan Link Aja yang sudah terhubung dengan aplikasi My Pertamina.

Bahkan sampai dengan 31 Desember 2019, masyarakat yang membeli Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite menggunakan aplikasi MyPertamina akan mendapatkan cashback berupa saldo bonus Link Aja sebesar maksimal Rp 25.000.

“Pertamina terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Polri, Jasa Marga, BPH Migas dan Pemerintah Daerah. Dengan kesiapan semuanya, semoga mudik Natal dan liburan Tahun Baru bisa berjalan aman dan lancar. Kami juga menghimbau masyarakat untuk memastikan keamanan rumah dan kendaraan saat ditinggalkan. Seperti mencabut regulator, mematikan kompor, dan mengecek keamanan kendaraan serta mengisi penuh bahan bakar kendaraan,” kata Fajriyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×