Reporter: Leni Wandira | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA - FKS Group melalui anak usahanya, PT FKS Food Sejahtera, terus memperluas pangsa pasar di segmen makanan ringan dengan meluncurkan produk snack makaroni pedas, Mocabe.
Sejak pertengahan Februari hingga menjelang Ramadan, tim Mocabe turun langsung ke empat kota besar—Jakarta, Bogor, Yogyakarta, dan Surabaya—untuk mendekatkan produk kepada konsumen dan pelaku ritel. Dalam kampanye ini, Mocabe menyuguhkan dua varian rasa khas, spicy Barbecue dan Sambal Geprek, dengan dua level kepedasan berbeda, yaitu level 15 dan level 25.
Mohammad Farid Noor, Brand Senior Manager FKS Food menjelaskan bahwa produk ini diperkenalkan secara masif ke publik melalui program kampanye langsung bertajuk “Mocabe Gerebek Pedas Nikmat”.
Baca Juga: FKS Food Sejahtera (AISA) Memperkuat Jaringan Distribusi dan Inovasi
“Program ini untuk membangun kedekatan brand Mocabe dengan target market kami, baik dari sisi pedagang maupun konsumen akhir,” ujar Mohammad Farid Noor, Brand Senior Manager FKS Food, dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (22/3).
Selama kampanye berlangsung, tim Mocabe melakukan penjualan langsung ke toko-toko ritel, warung, hingga pusat keramaian seperti Car Free Day dan tempat nongkrong anak muda. Konsumen juga diajak berinteraksi lewat permainan “Rogoh-Rogoh Nikmat”, yang memberikan hadiah langsung mulai dari stiker hingga e-money dengan hanya membeli produk senilai Rp10.000.
Farid menjelaskan bahwa program ini bertujuan mempercepat penetrasi produk ke pasar ritel, meningkatkan awareness lewat distribusi sampel, serta menciptakan keterlibatan langsung dengan konsumen. Upaya ini mulai membuahkan hasil. Berdasarkan data Nielsen, brand Mocabe menunjukkan tren pertumbuhan positif selama tiga bulan terakhir.
“Target kami adalah masuk tiga besar dalam kategori extruded snack makaroni pada akhir 2025,” tegas Farid.
Kategori extruded snack sendiri mengacu pada makanan ringan yang diproses melalui metode ekstrusi, yaitu pemanasan dan tekanan mekanis untuk menghasilkan tekstur dan rasa khas. Produk Mocabe menyasar pasar penggemar makanan pedas, terutama kalangan Gen Z yang dikenal gemar mencoba tantangan rasa baru.
Baca Juga: FKS Food Sejahtera (AISA) Incar Pertumbuhan Bisnis Positif Tahun Ini
Selain terjun langsung ke lapangan, Mocabe juga membidik komunitas digital. Pada pertengahan Maret, Mocabe menggelar kompetisi *gaming* bersama Komunitas Gamers Free Fire Regional Depok di Assembly Point Citayam.
Kegiatan ini tidak hanya menyasar pasar yang aktif dan loyal, tetapi juga memperkuat eksistensi Mocabe di ranah media sosial melalui konten yang dibuat para peserta.
“Keterlibatan kami dalam event ini adalah bagian dari strategi brand untuk lebih dekat dengan konsumen muda yang aktif, suka tantangan, dan mencari pengalaman baru—termasuk dalam hal rasa makanan,” pungkas Farid.
Selanjutnya: Existing ByteDance Investors Emerge as Front-Runners in TikTok Deal Talks
Menarik Dibaca: Ini Panduan Praktis Mengelola Anggaran Keuangan Anda Secara Efektif
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News