kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,24   -1,13   -0.12%
  • EMAS924.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Begini upaya pemeliharaan lingkungan tambang Indika Energy (INDY)


Selasa, 12 Januari 2021 / 11:00 WIB
Begini upaya pemeliharaan lingkungan tambang Indika Energy (INDY)

Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indika Energy Tbk (INDY) turut berupaya menjaga kelestarian lingkungan di area operasi pertambangan-nya melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR).

Head of Corporate Communiation Indika Energy Ricky Fernando mengatakan, pihaknya mempertimbangkan beberapa faktor ketika mengalokasikan dana untuk kebutuhan CSR. Salah satunya adalah investasi manfaat sosial yang dihasilkan baik untuk masyarakat maupun lingkungan.

Sebagai contoh, di tahun 2020, salah satu anak usaha INDY, yakni Kideco Jaya Agung, mengucurkan dana CSR sekitar Rp 47,5 miliar untuk pengelolaan lingkungan, inovasi efisiensi energi, serta program penghijauan dan konservasi hutan.

“Pelestarian lingkungan dan perubahan iklim menjadi hal penting yang harus dihadapi bersama saat ini, sehingga hal tersebut menjadi fokus kami dalam setiap kegiatan operasional,” ungkap dia, Sabtu (2/1) lalu.

Baca Juga: Kemenhub tunjuk anak usaha Indika Energy (INDY) jadi operator Pelabuhan Patimban

Ricky menyebut, Grup Indika Energy telah mengambil sejumlah langkah untuk memitigasi risiko dan dampak kegiatan produksi sekaligus melakukan upaya pelestarian lingkungan dengan tujuan menjaga keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Komitmen INDY terhadap kelestarian lingkungan dibuktikan melalui penerapan Sistem Manajemen Lingkungan (SML), efisiensi energi dan penurunan emisi, pengelolaan 3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle pada limbah B3 dan limbah padat non B3, pengelolaan efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air, serta perlindungan keanekaragaman hayati.

Dalam perencanaan dan pelaksanaan program tersebut, pihak anggota indeks Kompas100 ini, selalu berdialog dan bekerja sama dengan masyarakat, pemerintah, maupun organisasi lokal lainnya.

“Salah satu tujuan berkelanjutan kami adalah menciptakan manfaat bersama atau creating shared value (CSV) dalam setiap operasional perusahaan sehingga tanggung jawab bersama dapat terbentuk,” terang Ricky.

Ia pun menyebut, berkat sejumlah program tadi, pada Desember 2020 lalu INDY melalui Kideco Jaya Agung berhasil meraih penghargaan PROPER Emas Nasional untuk kedua kalinya atas upaya-upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Selanjutnya: Pemerintah akan renegosiasi proyek 35.000 MW, begini strategi PLN

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Peningkatan Produktifitas Panduan Cepat Menganalisa dan Merumuskan Strategi Bisnis

[X]
×