Reporter: Oginawa R Prayogo |
JAKARTA. Korea Tourism Organization (KTO) menaikkan target kunjungan wisatawan asal Indonesia ke Korea tahun ini sebesar 20%. Salah satu faktornya karena maraknya tren K-Pop (Korean Pop) di Indonesia.
Marketing Manager KTO Jakarta Dwi Hapsari Mintorahardjo menjelaskan K-Pop memang menjadi salah satu cara promosi pariwisata Korsel di Indonesia. KTO menargetkan 150.000 wisatawan dari Indonesia bakal mengunjungi negeri ginseng di tahun 2012. Sedangkan jumlah kunjungan tahun sebelumnya hanya 125.000.
Per September ini, kunjungan wisatawan asal Indonesia sudah mencapai 108.488. Meski pencapaian itu baru 72% dari target, Dwi mengaku optimis.
"Mudah-mudahan tercapai karena peak time kunjungan ada di libur lebaran dan akhir tahun. Di akhir tahun di Korea itu ada musim dingin, jadi akan banyak yang datang. Lagipula sampai Oktober angka kunjungan tahun lalu (125.000 wisatawan) sudah tercapai," kata Dwi kepada KONTAN saat ditemui di Garuda Indonesia Travel Fair, Jumat (9/11).
Ia bilang meski kunjungan dari Indonesia ke Korsel naik, tapi masih kalah dibanding wisatawan asal Malaysia dan Singapura. Sedangkan untuk tujuan favorit wisatawan terbanyak adalah ke Seoul dan Pulau Jeju.
"Seoul karena ibukota, banyak wisata bagus disana seperti Istana Geongbu Palace. Kalau Pulau Jeju ramai karena dia bagian dari New 7 wonders dan juga banyak film Korea yang syuting disana," ujar Dwi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News