kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.871.000   -23.000   -1,21%
  • USD/IDR 16.420   -15,00   -0,09%
  • IDX 7.095   -46,49   -0,65%
  • KOMPAS100 1.030   -10,30   -0,99%
  • LQ45 803   -9,10   -1,12%
  • ISSI 223   -2,38   -1,06%
  • IDX30 419   -4,71   -1,11%
  • IDXHIDIV20 502   -8,79   -1,72%
  • IDX80 116   -1,49   -1,27%
  • IDXV30 119   -2,82   -2,32%
  • IDXQ30 138   -1,77   -1,27%

Bidik First Buyer, Daihatsu Siap Luncurkan Mobil Hybrid Mulai Rp 300 Juta


Selasa, 20 Mei 2025 / 21:20 WIB
Bidik First Buyer, Daihatsu Siap Luncurkan Mobil Hybrid Mulai Rp 300 Juta
ILUSTRASI. Pengunjung mengamati mobil konsep Daihatsu me:MO di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, ICE BSD Tangerang Selatan, Banten, Jumat (26/7/2024). Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 menampilkan sejumlah mobil baru dari beberapa brand otomotif. Tak hanya itu, beberapa brand juga menampilkan mobil konsep. Kebanyakan mobil konsep menampilkan tampilan yang futuristik dan mencerminkan ekosistem kendaraan di masa mendatang./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/26/07/2024.


Sumber: Kompas.com | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengonfirmasiakan mulai masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat, perseroan mengonfirmasi bahwa mereka tengah melakukan studi pengembangan mobil hybrid terjangkau.

Konfirmasi ini disampaikan langsung oleh Direktur Pemasaran PT ADM, Sri Agung Handayani, saat ditemui di Alun-alun Tigaraksa, Minggu (18/5/2025).

"Terjangkau ini kan pastinya untuk first car buyer, yang kelompok besar dan saat ini volumenya sangat besar, kita lihat nanti seperti apa. Pastinya kita sama-sama siapin sebagai satu bagian dari bentuk komitmen karbon netral, lagi sama-sama siapin," ujar Agung.

Baca Juga: Daihatsu Jual 36.917 Unit di Kuartal I-2025, Ini Tiga Model Andalan

Fokus utama proyek ini adalah menyasar pembeli mobil pertama, yang menjadi tulang punggung pasar otomotif Indonesia. Segmen pembeli pertama yang didominasi kendaraan di bawah Rp 300 juta merupakan pasar utama di Indonesia.

Meskipun tren elektrifikasi mulai naik, penetrasi mobil listrik dan hybrid di segmen harga tersebut masih sangat terbatas. Agung mencatat bahwa kontribusi mobil elektrifikasi di segmen kendaraan terjangkau saat ini baru sekitar 4 persen.

"Jadi kita mesti respect juga market yang Rp 300 juta tetap kita akomodasi. Mereka butuh peace of mind, mencari fungsional dengan total ownership. Karena ingat kendaraan first car buyer adalah aset," ucap Agung.

Sebagai agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia, ADM memiliki keunggulan dalam menghadirkan kendaraan yang efisien, fungsional, dan ramah kantong. Studi dan perencanaan yang sedang dilakukan ADM merupakan bagian dari komitmen mereka terhadap transisi energi dan netralitas karbon, sejalan dengan arah kebijakan pemerintah dan harapan konsumen yang semakin sadar lingkungan.

Baca Juga: Sepanjang 2024, Daihatsu Membukukan Penjualan Ritel Lebih dari 168.000 Unit

Sebelumnya, Grup Astra International telah menyatakan minat untuk memperluas pasar kendaraan elektrifikasi, khususnya xEV (electric vehicle termasuk hybrid) di segmen harga terjangkau.

Dengan posisi strategis ADM dalam struktur kepemilikan—dimiliki oleh Daihatsu Motor Corporation (61,7%), Astra International (31,8%), dan Toyota Tsusho Corporation (6,4%)—pengembangan hybrid terjangkau oleh Daihatsu mendapat dukungan penuh dari prinsipal maupun grup lokal.

"Kami sedang bekerja keras dengan partner kami,” kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Djony Bunarto Tjondro, di Konferensi Pers Rapat Umum Pemegang Saham di Menara Astra, Jakarta, pada Kamis (8/5/2025).

“Saya kira mudah-mudahan kita akan bisa meluncurkan xEV lagi dan kita akan masuk hybrid mass market, artinya hybrid yang memang lebih terjangkau masyarakat Indonesia," ujar dia.
 

Selanjutnya: Hutama Karya Bidik Kenaikan Volume Lalu Lintas Tol 6,8% di 2025

Menarik Dibaca: Penyandang Disabilitas Senam Bersama, Rekor MURI Terpecahkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×