kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.098.000   -17.000   -0,80%
  • USD/IDR 16.571   109,00   0,66%
  • IDX 8.008   -16,75   -0,21%
  • KOMPAS100 1.116   -7,41   -0,66%
  • LQ45 809   -5,92   -0,73%
  • ISSI 276   0,10   0,04%
  • IDX30 421   -3,05   -0,72%
  • IDXHIDIV20 483   -7,14   -1,46%
  • IDX80 123   -0,71   -0,57%
  • IDXV30 132   -1,87   -1,40%
  • IDXQ30 134   -2,10   -1,54%

Bidik Kinerja Positif Tahun Ini, Berikut Sederet Strategi Avia Avian (AVIA)


Kamis, 18 September 2025 / 17:05 WIB
Bidik Kinerja Positif Tahun Ini, Berikut Sederet Strategi Avia Avian (AVIA)
ILUSTRASI. Fasilitas penelitian dan pengembangan produk PT Avia Avian Tbk (AVIA). PT Avia Avian Tbk (AVIA) membidik pertumbuhan kinerja positif di tahun 2025. Perseroan sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk dijalankan di sepanjang tahun ini.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Avia Avian Tbk (AVIA) membidik pertumbuhan kinerja positif di tahun 2025. Perseroan sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk dijalankan di sepanjang tahun ini. 

Head of Investor Relations AVIA Andreas Timothy menyatakan Avian Brands menerapkan pendekatan yang beragam dan konsisten dalam menjalankan berbagai inisiatif untuk mencapai pertumbuhan usaha yang berkelanjutan (sustainable growth strategy). 

Selain terus berinovasi dalam pengembangan produk dan memperluas jaringan pusat distribusi, AVIA juga aktif meluncurkan berbagai inisiatif yang bertujuan untuk membangun loyalitas di kalangan tukang cat sebagai konsumen langsung. 

Program-program ini dilaksanakan bersamaan dengan program loyalitas yang ditujukan kepada toko bahan bangunan, yang merupakan pelanggan utama Avian Brands. 

“Kami berfokus untuk mempercepat penetrasi mesin tingting di toko bangunan. Kami melihat strategi ini sebagai peluang untuk mempercepat konsolidasi pasar,” ungkap Andreas, kepada Kontan.co.id, Rabu (17/9/2025). 

Baca Juga: Kinerja Avia Avian (AVIA) Diprediksi Bakal Tersulut PPN DTP Rumah

Saat ini, Avian Brands termasuk salah satu perusahaan dengan jumlah mesin tingting terbanyak di pasar.

AVIA juga kini berfokus mengembangkan bisnis pada segmen proyek B2B. Untuk menangkap peluang pertumbuhan pada segmen ini, perseroan berupaya memasuki segmen baru yang belum pernah didekati, seperti kontraktor (bekerjasama sebagai partners), desain interior atau konsultan arsitek, perusahaan korporat, pertambangan minyak, gas, dan perkebunan untuk kompleks perumahan asrama mereka. 

“Selain itu ada juga rantai makanan dan minuman, rantai perbankan, horeka, rantai minimart, dan proyek pemerintah,” sambungnya. 

Di sisi lain, AVIA juga berfokus pada strategi untuk mengambil pangsa pasar, khususnya dari pemain-pemain kecil di pasar. Pihaknya melihat peluang untuk  mempercepat pertumbuhan market share lewat strategi ini. 

Baca Juga: Avian Brands (AVIA) Buka Dua Pusat Distribusi Baru di Tangerang dan Malang

Andalkan produk baru

Pada 2023 dan 2024, AVIA secara konsisten meluncurkan masing-masing 14 produk baru setiap tahunnya. Inovasi produk dinilai sebagai fondasi utama untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dalam jangka panjang. 

Maka dari itu, pihaknya  terus berinvestasi di divisi riset, pengembangan, dan inovasi, guna memperluas portofolio produk, agar dapat mencakup seluruh segmen harga, mulai dari kelas ekonomis hingga premium. 

Beberapa peluncuran produk juga secara strategis ditujukan untuk menghadang kompetitor tertentu di segmen-segmen pasar dengan potensi pertumbuhan tinggi, guna memperkuat posisi Avian Brands di berbagai lini solusi arsitektur.

Di sepanjang semester I-2025,  AVIA sudah menghadirkan lima produk baru, termasuk dua inovasi terkini yang diluncurkan pada awal bulan Juni, No Drop Cat Dasar Anti Bocor di segmen pelapis anti bocor dan Avian Epoxy Filler untuk segmen otomotif.

“Strategi ini tetap kami lanjutkan di semester kedua, di mana pada periode kuartal ketiga, sudah terdapat tiga produk baru yang telah resmi diluncurkan ke pasar,” jelasnya. 

Selanjutnya: Bank BPD DIY Catatkan Transaksi Bisnis Agen Capai Rp 43,1 Miliar hingga Agustus 2025

Menarik Dibaca: Inovasi Robotik Merambah Dunia Kesehatan Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×