kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,63   4,30   0.48%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biro wisata jual tur nonton bola


Sabtu, 17 Maret 2012 / 10:30 WIB
Biro wisata jual tur nonton bola


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Edy Can

JAKARTA. Maraknya gibol alias penggila bola saat ini membuka peluang bagi biro perjalanan wisata. Mereka mulai menawarkan paket wisata nonton bola.
Sebut saja PT Anta Express Tour and Travel Service Tbk, Vaya Tour, dan Panorama Tours, tiga agen travel yang menawarkan tur menonton liga sepak bola di luar negeri.

Product Supervisor Anta Tour, Yudhi Ferdianus, memaparkan paket tur ini terinspirasi dari program undian berhadiah nonton bola langsung di Inggris. "Dari sini kami melihat ada potensi," ungkap Yudhi kepada KONTAN, Jumat (16/3).

Lain lagi cerita Tour Supervisor Vaya Tour, Marta Friendly. Saat mengadakan tur wisata ke Inggris, banyak peserta tur itu adalah para maniak bola. Mereka juga ingin singgah ke lapangan bola legendaris. Dari situlah terbetik ide tawaran tur nonton bola. "Kenapa tidak sekalian kami buat tur khusus bola?" paparnya.

Kedua biro perjalanan di bawah payung CT Corp ini baru menjajal bisnis tur bola tahun lalu. Tepatnya, saat mulai musim Liga Inggris pada Agustus 2011.

Meski Liga Inggris sudah memasuki 28 pertandingan, Anta Tour baru melakoni tur bola ini sekitar 10 kali. Setiap tur rata-rata diikuti 20-25 peserta. Kalau waktu memungkinkan, peserta bisa nonton bola dua pertandingan sekali berangkat. "Kebanyakan partai big match," kata Yudhi.

Agenda terdekat adalah laga derby antara Manchester City versus Manchester United di Stadion Etihad, Manchester, Inggris. Baik Anta Tour dan Anta Express menawarkan paket yang tanggal keberangkatannya 26 April ini dengan tarif mulai US$ 1.798.

Tarif relatif tinggi lantaran saat ini masuk peak season. Pasalnya, Etihad Airways yang menjadi mitra Anta Tour dan Vaya Tour juga dipakai umroh, sehingga tarif tiketnya meroket. "Saat low season di Januari-Februari, tarif bisa turun menjadi US$ 1.400-US$ 1.500," ujar Yudhi.

Tur bola ini membuat Anta Tour dan Vaya Tour optimistis bisa mencapai target 30.000 peserta atau naik 30% dari tahun lalu yang cuma 23.000 orang. Apalagi, "Kami juga sudah mengenalkan 10-15 produk baru," ujar Yudhi.

Panorama Tours, anak usaha PT Panorama Sentrawisata Tbk menawarkan tur nonton bola sejak setahun ini. Mulanya, cuma tur kalau ada permintaan. "Baru Maret-April ini tur bola masuk katalog," kata Mala Ekayanti, Manager Corporate Communication-Marketing Panorama Tours.

Panorama menawarkan tur Liga Inggris dan Liga Eropa. Agenda terdekat laga Chelsea melawan Tottenham, 24 Maret 2012, dengan tarif mulai US$ 675 per orang.
Sayang, Maia enggan memberi tahu target peserta tur ini. Yang pasti, klaim dia, saban tahun peserta tur Panorama bertambah 20%-30%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×