kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis MICE berkontribusi 60% bagi pendapatan Dafam Hotel Management (DHM)


Jumat, 21 Agustus 2020 / 19:03 WIB
Bisnis MICE berkontribusi 60% bagi pendapatan Dafam Hotel Management (DHM)
ILUSTRASI. Dok. PT Dafam Hotel Management (DHM)


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dafam Hotel Management (DHM) mengapresiasi kebijakan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta yang kembali membuka sejumlah sektor yang sebelumnya ditutup akibat corona.

"Ini hal yg bagus dan akan menggairahkan tingkat hunian hotel dan pendapatan hotel tentunya," ujar Andhy Irawan, CEO Dafam Hotel kepada kontan.co.id, Jumat (21/8).

Andhy menjelaskan, lini bisnis MICE memberikan kontribusi lebih besar untuk pendapatan hotel di bandingkan dengan yang lainnya secara segmen market, karena menurut Andhy hal tersebut berdampak untuk pendapatan seperti kamar, Laundry dan yang lainnya.

"Untuk saat ini secara keseluruhan bisnis MICE Dafam ada kenaikan sekalipun belum normal seperti sebelum pandemi covid-19, akan tetapi bergerak menuju lebih baik. Rata-rata kontribusi pendapatan dari bisnis MICE sekitar 50-60%," jelas Andhy.

Baca Juga: Dafam Property Indonesia (DFAM) tidak bagikan dividen tahun ini

Selain itu Dafam mengklaim, sejak adanya pelonggaran PSBB banyak pengunjung hotel yang staycation di hotel milik Dafam dengan menghabiskan waktu rata-rata 2-3 hari. Hal tersebut membuat tingkat okupansi (hunian) hotel alami peningkatan sekitar 30%-40%. "Rata-rata ada peningkatan 30%-40% dari rata-rata sebelumnya di masa pandemi cuman 10%-20%," katanya.

Untuk menarik pengunjung, pihaknya juga memberikan promo menarik seperti special rate. Untuk diskon atau special rate pihaknya tawarkan dengan melihat market di masing-masing daerah yang belum kembali normal.

Selain itu ada beberapa strategi yang pihaknya lakukan untuk meningkatkan okupansi hotel dan kunjungan wisata di daerah, diantaranya memberikan paket termasuk destinasi, kerjasama dengan Airlines, dan lain-lain.

Secara teknis semua hotel Dafam saat ini memiliki perubahan prosedur keselamatan. Pihaknya memasang bilik desinfektan dan tempat cuci tangan di luar pintu masuk hotel. Para tamu akan dimohon untuk mencuci tangan sebelum memasuki area hotel. Setelah itu, tamu akan discan.

Baca Juga: Sebagian sudah dibayar, beban utang Dafam Property tahun ini tersisa Rp 3,5 mi

Dafam Hotel juga menyertai atribut perlindungan pada para petugas hotel berupa face shield, sarung tangan, dan masker wajah. Para karyawan hotel juga akan melalui pengecekan kesehatan dan diminta mencuci tangan sebelum bekerja.

Selain itu, para tamu juga nantinya akan diberikan masker gratis dan cairan desinfektan bisa ditemui di beberapa titik, seperti ruang resepsionis, lobi, depan lift, hingga restoran. Prosedur yang sama juga berlaku di ruang bar.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata DKI Jakarta membuka kembali operasional Hotel/Akomodasi, Restoran/Rumah Makan, Cafe, Kawasan Pariwisata, Taman Margasatwa atau Kebun Binatang, Museum dan Galeri, Pantai/Wisata Kepulauan Seribu, Jasa Perawatan Rambut, Taman Rekreasi Indoor dan Outdoor, Golf dan Driving Range, Pertunjukan di Ruang Terbuka, Produksi Film, Corporate Event dan Meeting/Seminar/Workshop yang berlaku per 14 sampai 27 Agustus 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×