kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,11   -0,67   -0.07%
  • EMAS942.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Bisnis MICE mulai bergeliat, okupansi Eastparc Hotel (EAST) terkerek naik


Jumat, 13 November 2020 / 18:16 WIB
Bisnis MICE mulai bergeliat, okupansi Eastparc Hotel (EAST) terkerek naik
ILUSTRASI. Kamar Eastparc Hotel Yogyakarta


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Eastparc Hotel Tbk mulai catatkan perbaikan kinerja pada bisnis Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE). Hal tersebut ditandai dengan peningkatan okupansi sejak dibuka di bulan Juni lalu.

Direktur Pemasaran Eastparc Hotel Wahyudi Eko Sutoro mengatakan, MICE menjadi tulang punggung pendapatan perusahaan. "Segmen MICE merupakan penggerak pendapatan terbesar bagi kami, MICE menyumbang hampir 50% dari total pendapatan sebelum pandemi," kata dia kepada kontan.co.id, Jumat (13/11).

Yudi mengakui, dengan adanya pandemi Covid-19, perusahaan sempat tidak menerima tamu di periode Maret-Juni. Akibatnya, bisnis MICE mengalami penurunan antara 30%-35%.

Memasuki new normal, kegiatan MICE sudah mulai bermunculan kembali. Hanya saja, masih dalam skala yang kecil hingga skala menengah yang mana sebagian besar berasal dari kementerian.

Baca Juga: Eastparc Hotel (EAST) belum terima dana hibah yang dijanjikan Kemenparekraf

"Hal ini ditandai dengan kenaikan tingkat hunian kamar dari bulan ke bulan seperti Juni sebesar 41,63%, Juli 52,18%, Agustus 65,93%, September 65,19% dan Oktober 73,22%," ungkap dia.

Menilik laporan keuangan dari emiten dengan kode saham EAST ini, pendapatan perusahaan sepanjang 9 bulan lalu hanya Rp 24,17 miliar. Realisasi tersebut anjlok 45,89% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 44,67 miliar.

Adapun pendapatan ditopang dari pendapatan kamar sebesar Rp 13,32 miliar. Disusul makanan dan minuman sebesar Rp 9,76 miliar, serta lain-lain sebesar Rp 1,07 miliar.

Guna menggenjot perolehan pendapatan di sisa tahun ini, Yudi bilang perusahaan terus melengkapi beberapa fasilitas baru untuk tamu seperti adanya kuda lari garden, wahana ATVride safari dan yang baru dalam pembangunan adalah wahana Aquaparc.

"Hal ini dilakukan EAST untuk menarik di segment family/keluarga. Kami juga melakukan spesial promo dengan paket staycation," pungkas dia.

 

Selanjutnya: Banyak tamu lakukan staycation, okupansi Eastparc Hotel (EAST) meningkat

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Managing Procurement Economies of Scale Batch 5

[X]
×