Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR15.200
  • SUN90,77 -0,26%
  • EMAS623.158 -0,48%

Blanja.com terbantu sinergi BUMN

Rabu, 07 Maret 2018 / 13:08 WIB

Blanja.com terbantu sinergi BUMN
ILUSTRASI. Blanja.com



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski operator telekomunikasi yang lain sudah menyerah kalah di bisnis e-commerce, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) masih tetap eksis di bisnis online tersebut. Lewat situs Blanja.com, perusahaan pelat merah ini juga ingin terus mengembangkan salah satu lini bisnis perusahaan telekomunikasi  ini.

Salah satu cara adalah dengan memanfaatkan status sebagai BUMN.  "Tahun ini kami akan memperkuat pasar lewat sinergi antar BUMN dan bakal banyak kerjasama yang kami lakukan dengan BUMN yang lain," tutur Rieka Handayani, Digital Public Relation Manager, Blanja.com ke KONTAN, Senin (5/3).


Sekedar catatan, Blanja.com sendiri merupakan hasil kerjasama PT Telkom lewat anak usaha TelkomMetra dengan perusahaan asal Amerika Serikat, e-Bay dengan komposisi saham sebanyak 60%:40%.

Aksi tersebut tidak terlepas dari keinginan satu-satunya situs belanja operator telekomunikasi ini yang ingin mengejar keuntungan di akhir tahun ini. Tanpa merinci target bisnis tersebut, Rieka menyebut bila pihaknya saat ini tengah mengolah sumber penjual (seller) yang sudah bergabung dengan situs tersebut.

Ia berharap para merchant ini bisa memperluas pasar setelah ada kerjasama dari pihak Blanja.com dengan para BUMN sebagai tindak lanjut sinergi BUMN. Salah satu upaya adalah dengan mewajibkan UKM binaan BUMN yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) menjual produk di Blanja.com.

Terus terang, manajemen Blanja.com sangat terbantu dengan kebijakan tersebut. Lantaran situs belanja ini tidak lagi sibuk mencari para penjual. Setidaknya sudah ada 18 BUMN yang mempunyai RKB di sejumlah kabupaten dan kotamadya. Seperti RKB Himpunan Bank Milik Negara (Himpara), Pertamina, Antam, PLN, Jasa Raharja dan yang lainnya. "Mudah-mudahan RKB BUMN yang lain sudah bisa bergabung," harapnya.

Saat ini, pihaknya mencatat sudah ada sekitar 30.000 mitra Blanja.com yang kebanyakan dari UKM yang bergabung. Selain dari UKM binaan BUMN, mitra Blanja.com  juga berasal dari program internal yakni UKM Go Online dengan target bisa menjajakan produk ke pasar global lewat kerja bareng e-Bay.

Untuk sementara, Blanja.com tidak merinci target bisnis yang dipatok sampai akhir tahun ini. Namun dalam catatan KONTAN, perusahaan ini menjanjikan bisa mengejar total transaksi hingga US$ 150 juta di akhir tahun lalu. Bila target itu tercapai tentu total transaksi yang dibidik bisa lebih dari itu.

Reporter: Elisabeth Adventa
Editor: Sofyan Hidayat

E-COMMERCE

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0028 || diagnostic_api_kanan = 0.0534 || diagnostic_web = 0.4871

Close [X]
×