Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan e-commerce Blibli optimistis bisa mendulang transaksi dan volume penjualan yang lebih tinggi pada gelaran festival belanja online 11.11.
Yolanda Nainggolan, VP of Public Relations Blibli mengatakan, berdasarkan kegiatan yang terjadi selama periode April-September 2020, Blibli berhasil mencapai kenaikan transaksi dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.
"Salah satu pendorong pertumbuhan bisnis adalah berbagai festival belanja yang kami gelar bersama mitra seller dan brand, mulai dari FMCG hingga UMKM. Festival-festival belanja ini ditunjukkan untuk memberikan insentif agar pelanggan tetap bisa berbelanja kebutuhan mereka walau di tengah tantangan finansial akibat pandemi. Festival-festival belanja juga memberi seller dan brand kesempatan untuk meneruskan bisnis mereka," kata dia kepada Kontan.co.id, Rabu (11/11).
Baca Juga: Terakhir hari ini 11 November, berikut daftar promo OVO di Hari Jomblo Sedunia
Pada Harbolnas bulan lalu, perusahaan menggelar Blibli Histeria 10.10. Selama periode program itu berlangsung, volume order meningkat sebanyak empat kali lipat dibanding transaksi rata year to date (YTD).
Festival belanja seperti Blibli Histeria adalah inisiatif yang dilakukan perusahaan untuk mendorong pemulihan ekonomi dengan menjadi one-stop shopping platform yang menjaga keberlangsungan aktivitas ritel, mencakup konsumsi dan transaksi.
Adapun dari barang yang banyak dicari pelanggan, Blibli mencatat sejak pergelaran Blibli Histeria 10.10 yang berlangsung 10-12 Oktober 2020 lalu, kategori yang mengalami kenaikan signifikan adalah BlibliMart yang menyediakan groceries, atau kebutuhan sehari-hari.
Kategori ini mengalami peningkatan order sebanyak lima kali lipat dibandingkan permintaan rata-rata harian. Ini terjadi karena pelanggan memfokuskan pengeluaran pada kebutuhan dasar selama pandemi.
Selain itu, terdapat tiga kategori produk lainnya yang tumbuh signifikan, yaitu Kesehatan & Kecantikan, Ibu & Anak, dan perangkat teknologi.