kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Blue Bird (BIRD) Berencana Tambah 60 Armada Listrik Tahun Ini


Senin, 07 November 2022 / 14:51 WIB
Blue Bird (BIRD) Berencana Tambah 60 Armada Listrik Tahun Ini
ILUSTRASI. PT Blue Bird Tbk (BIRD) menargetkan penambahan armada listrik untuk fokus wilayah Jakarta-Bali sebanyak 50-60 hingga akhir tahun 2022. KONTAN/Baihaki/8/7/2022


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Blue Bird Tbk (BIRD) menargetkan penambahan armada listrik untuk fokus wilayah Jakarta-Bali sebanyak 50-60 hingga akhir tahun 2022. Hingga 2030, Perseroan menargetkan komitmen dengan melakukan peningkatan adopsi kendaraan listrik sebesar 10%.

Komitmen lainnya adalah dengan adopsi CNG (gas bumi terkompresi) sebesar 23%, serta implementasi panel surya sebagai alternatif energi di kantor pusat dan pool Bluebird demi mencapai target penghematan sebesar 150.000 kWH

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono menyatakan bahwa penambahan armada ini sebagai komitmen menjalankan seluruh operasional perusahaan secara bertanggung jawab dengan cara mengurangi dampak negatif operasional dan layanan Perseroan terhadap lingkungan – khususnya kualitas udara - melalui implementasi kendaraan listrik.

Baca Juga: Blue Bird (BIRD) Raih Kenaikan Pendapatan 73,10% Hingga Kuartal III-2022

Bluebird sebagai katalis dalam penerapan armada listrik untuk layanan taksi telah meluncurkan 25 unit BYD E6 A/T dan 4 unit Tesla Model X 75D sejak tahun 2019 di Jakarta. Hingga saat ini perseroan telah dan akan terus memperluas implementasi armada listrik di berbagai wilayah lain di Indonesia.

Bluebird berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Hal ini sejalan dengan Visi Keberlanjutan Bluebird 50:30 yang diluncurkan April 2022 lalu untuk mengurangi emisi dan limbah operasional sebanyak 50% di tahun 2030.

Tambah 60 Armada Listrik, Hingga Lakukan Touring Kendaraan Bermotor Listrik

Sejalan dengan hal tersebut, Bluebird turut serta meramaikan kegiatan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai ini, pihak-pihak yang terlibat juga akan menyelenggarakan diskusi seputar kendaraan listrik, kunjungan ke beberapa daerah wisata, dan sebagai puncak acara - pameran mobil listrik yang akan diadakan di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua, Bali

Kegiatan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai ini diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia yang dilaksanakan selama 5 hari, mulai dari 7 November hingga 11 November 2022. Taxi listrik BYD E6 milik Perseroan akan meramaikan pawai sepanjang 1263 KM yang melewati 9 kota sepanjang Jawa - Bali, meliputi Jakarta, Cirebon, Semarang, Surakarta, Madiun, Surabaya, Jember, Banyuwangi, dan Bali..

“Bluebird merasa bangga dapat ikut serta dalam Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang diinisiasi oleh Kemenhub. Kami percaya touring ini merupakan bentuk edukasi yang baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat kendaraan listrik sebagai solusi transisi energi berkelanjutan di Indonesia dan membuktikan bahwa kendaraan listrik merupakan kendaraan ramah lingkungan yang hemat energi, aman dan nyaman.” kata Sigit dalam keterangan resminya (07/11).

 

 

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa sebagai Presidensi KTT G20, Indonesia mendukung penuh upaya perwujudan Transisi Energi Berkelanjutan yang diimplementasikan melalui program Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Upaya yang dilakukan adalah dalam bentuk edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait kendaraan ramah lingkungan, serta sebagai salah satu wujud dukungan terhadap pelaksanaan KTT G20. Untuk itu, Kementerian Perhubungan akan menyelenggarakan Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Jakarta - Bali.

“Pameran dan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan kendaraan listrik sekaligus mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan secara masif. Kami mengapresiasi seluruh pihak yang mendukung dan terlibat dalam kegiatan ini, termasuk korporasi seperti PT Blue Bird Tbk, yang selama beberapa tahun terakhir juga telah memulai implementasi armada listrik di beberapa di kota di Indonesia," kata Budi..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×