kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Bocoran Harga Pertamax RON 95 Ramah Lingkungan, Lebih Murah dari Pertamax Turbo


Senin, 26 Juni 2023 / 06:15 WIB
Bocoran Harga Pertamax RON 95 Ramah Lingkungan, Lebih Murah dari Pertamax Turbo
ILUSTRASI. Pertamina akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis terbaru Pertamax dicampur dengan bioetanol. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.id | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

HARGA PERTAMAX RON 95 - Seperti yang diberitakan sebelumnya, PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis terbaru Pertamax dicampur dengan bioetanol dengan komposisi nilai oktan 95 atau RON 95 dalam waktu dekat. 

Namun BBM sekelas Pertamax ini pihak Pertamina masih enggan membeberkan kapan akan dikeluarkan. Yang pasti soal harga, BBM Pertamax RON 95 ini kompetitif. 

"Harganya tentu kompetitif untuk BBM di kelasnya (RON 95). Di bawah harga Pertamax Turbo," ujar Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting kepada Kompas.com, Minggu (25/6/2023). 

Lebih lanjut Irto bilang, BBM Pertamax RON 95 ini keunggulannya lebih ramah lingkungan dibanding ketiga produk BBM jenis bensin (gasoline) yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax dengan RON 92, serta Pertamax Turbo dengan RON 98. 

Karena terdapat campuran etanol sebesar 5 persen di dalam Pertamax sehingga dipastikan mengurangi polusi untuk kendaraan jenis BBM. 

Bioetanol adalah etanol atau senyawa alkohol yang berasal dari tumbuhan, dan dalam hal ini Pertamina menggunakan tebu sebagai sumber bahan bakar nabati. 

Baca Juga: Bioetanol Akan Dijual Secara Komersial, Bagaimana Kesiapan Produsen Otomotif?

"(Pertamax RON 95 dapat) mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, produk percampuran Pertamax dan bioetanol itu rencananya akan mulai dijual komersil secara bertahap pada awal Juli 2023 di Surabaya, Jawa Timur. 

Pemilihan Surabaya sebagai lokasi komersialisasi karena berdekatan dengan produsen bahan baku bioetanol di Kabupaten Mojokerto dan Malang. 

"Mudah-mudahan ini di awal Juli kita bisa melaksanakan untuk wilayah yang terbatas," ujarnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Baca Juga: Menteri ESDM Sebut Pemanfaatan Bioethanol untuk Kurangi Pemakaian BBM Fosil

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertamax RON 95 "Ramah Lingkungan" Segera Dijual, Harga Lebih Murah dari Pertamax Turbo"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Aprillia Ika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×