Reporter: Shintia Rahma Islamiati | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak resmi diluncurkan pada akhir 2023, online travel agent (OTA) BookCabin terus menunjukkan perkembangan yang signifikan.
Head of Corporate Communication BookCabin, Deasy Rasjid mengungkapkan lebih dari 2,5 juta pengguna telah mengunduh aplikasi BookCabin sejak diluncurkan.
“Alhamdulillah tren unduhan dan penjualan kita terus naik. Ini menunjukkan semakin banyak orang yang mulai sadar bahwa BookCabin bukan hanya aplikasi check-in, tapi juga platform pemesanan tiket dan perjalanan,” ujar Deasy saat acara media gathering, Rabu (30/7/2025).
Deasy menambahkan, dua fokus utama BookCabin di tahun ini adalah memperkuat brand awareness serta memperluas basis pengguna baru, khususnya di luar kota-kota besar.
“Brand awareness itu proses jangka panjang, tidak bisa instan. Karena itu, kami aktif melakukan kegiatan gathering, promosi digital, hingga menghadirkan BookCabin Ambassador,” jelasnya.
Lebih lanjut, Deasy menyebut saat ini BookCabin Ambassador telah dihadirkan di lebih dari 40 bandara di Indonesia sebagai frontliner edukasi pengguna di lapangan.
Baca Juga: Jelajahi Indonesia lewat Rute Lion Group, Pesan Lebih Mudah & Hemat dengan BookCabin
Dari total 2,5 juta pengguna, sekitar 30% sudah tergabung dalam program loyalitas Cabin Club. Angka ini masih akan terus ditingkatkan melalui pendekatan lapangan dan edukasi langsung kepada penumpang.
“Banyak dari mereka yang belum registrasi karena belum paham cara penggunaannya, atau perangkatnya belum mendukung. Di sinilah peran Ambassador kita sangat penting,” ujar Deasy.
PR Executive & Spokesperson BookCabin, Shinta Yuliasmi PR Executive & Spokesperson BookCabin menjelaskan, salah satu keunggulan BookCabin adalah hadirnya fitur Best Flight Fares (BFF), program diskon untuk rute domestik yang hanya bisa diakses oleh anggota Cabin Club.
Diskon yang ditawarkan bervariasi, bahkan pernah mencapai hingga 17%, terutama di musim liburan dan momen spesial.
Saat ini, BookCabin juga tengah menggelar promo diskon 5% untuk seluruh pengguna yang membeli tiket maskapai Lion Air Group melalui aplikasi, baik rute domestik maupun internasional. Anggota Cabin Club akan mendapatkan tambahan cashback hingga 3% dalam bentuk Cabin Points.
Baca Juga: BookCabin Raup Jutaan Pengguna, Siap Jadi OTA Andalan Lion Group
“Waktu liburan sekolah kemarin, penjualan melonjak karena kita beri diskon sampai 17%. Bahkan sempat banyak yang kehabisan kursi. Sekarang pun diskon masih kami lanjutkan karena terbukti menjaga antusiasme pengguna meski masa liburan sudah berakhir,” ungkapnya.
BookCabin saat ini banyak digunakan di wilayah Jawa, Sumatera, dan sebagian Indonesia Timur. Beberapa rute dengan trafik tertinggi antara lain Medan, Surabaya dan Makassar.
Di sisi lain, kehadiran BookCabin juga mulai menjangkau pasar luar negeri, terutama melalui pengguna di Malaysia dan Thailand, berkat integrasi dengan maskapai Lion Air Group.
“Turis luar negeri seperti dari Thailand dan Malaysia kini juga banyak menggunakan BookCabin untuk check-in. Mereka lebih mandiri, dan justru jadi testimoni betapa aplikasinya sangat membantu,” katanya.
Dengan kombinasi strategi komunikasi terarah, dukungan ekosistem maskapai dan pendekatan langsung ke konsumen daerah, BookCabin menargetkan peningkatan basis pengguna dan loyalitas pasar pada paruh kedua 2025.
“Target kami sederhana, makin banyak orang tahu siapa kami, dan makin banyak yang merasa BookCabin mempermudah perjalanan mereka,” tutup Deasy.
Baca Juga: BookCabin Hadirkan Diskon Liburan Sekolah dan Livery Khusus Lion Air Group
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News