kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Budidaya ikan King Kobia hasilkan keuntungan 50% dalam setahun


Kamis, 07 November 2019 / 04:11 WIB
Budidaya ikan King Kobia hasilkan keuntungan 50% dalam setahun


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil mengembangkan varietas ikan baru dengan nama King Kobia. Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Evalawati mengklaim bahwa varietas ini bisa menghasilkan keuntungan hingga 50% dalam setahun.

"Kami hanya mnghasilkan benih, dengan modal atau investasi yang lumayan, sekitar Rp 51 juta dengan keuntungan bisa lebih dari 50%," kata Evalawati kepada Kompas.com, Rabu (6/11/2019).

Keberhasilan budidaya ikan King Kobia ini dilanjutkan dengan penandatanganan nota kerjasama dengan BBPBL Lampung untuk mengembangkan varietas King Kobia. Hal ini sekaligus untuk untuk membantu sosialisasi kepada pembudidaya agar bersedia menjajaki prospek bisnis ikan King Kobia.

Baca Juga: KKP optimistis pameran di Jepang catat potensi transaksi US$ 42,61 juta

Pembudidayaan juga sukses dalam melakukan pemeliharaan induk, pemijahan induk, pemeliharaan larva, produksi benih serta melakukan kegiatan produksi ukuran konsumsi di Keramba Jaring Apung (KJA).

Evalawati menyebutkan bahwa King Kobia akan dikembangkan menjadi komoditas unggulan baru subsektor perikanan budidaya. Hal ini karena biaya produksi untuk King Kobia juga terjangkau. "Ini sudah dikembangkan dan dipasarkan juga dengan kisaran harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 45.000 per kg. Dagingnya enak, empuk dan bisa diolah dalam sajian apapun. Terutama untuk kualitas premiumnya ada banyak sekali," ungkap Evalawati.

Baca Juga: KKP: Ekspor sidat capai 5.186 ton pada semester I 2019

King Kobia juga memiliki keunggulan, yakni bila dipelihara di tambak dapat memutuskan rantai penyakit ikan dan udang. Hal ini karena King Kobia dapat memangsa agen penyebar penyakit seperti udang renik, kerang-kerangan dan ikan liar. "Potensi bisnisnya kalau menurut saya bagus terutama untuk budidaya, karena dalam satu tahun bisa mncapai ukuran 4-6 kg. Artinya dalam kurun waktu singkat, investasi King Kobia bisa menghasilkan keuntungan besar," tambahnya.

Namun demikian, sejauh ini ekspor King Kobia ke pasar luar negeri masih kecil. Eva menyebut bahkan ekspor King Kobia bukalah berasal dari hasil budidaya, namun dari hasil tangkapan. "Ekspor kalau dari data BPS, dari data bps untuk King Kobia hasil penagkapan dan bukan dari hasil budidaya. Ekspor itu juga bergantung pada pegusaha yang membudidayakan, karena KKP hanya menyediakan bibit saja," jelas Eva.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Budidaya Ikan King Kobia Janjikan Keuntungan yang Menjanjikan"
Penulis : Kiki Safitri
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×