Reporter: Femi Adi Soempeno |
JAKARTA. Januari lalu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) membukukan penjualan ritel sebesar 34.167 unit. Angka ini mencuil 39,7% dari pangsa pasar otomotif nasional, dan sedikit lebih gemuk dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu yang hanya mengiris kue penjualan otomotif nasional sebesar 32,3%.
Sejumlah produk tetap menjadi andalan Toyota. Diantaranya, Avanza yang ludes di pasar sebanyak 7.235 unit atau naik 31% dari periode yang sama tahun lalu yang hanya 5.521 unit. Di kelas sedan, TAM melego Corolla Altis sebanyak 152 unit atau meningkat 145% dibandingkan dengan penjualan pada bulan yang sama tahun sebelumnya. Di kelas SUV, Fortuner juga terserap di pasar sebanyak 498 unit, menggelembung 33,2% dari bulan yang sama tahun sebelumnya yang hanya 374 unit.
Sedangkan di kelas passenger car, Toyota Hi-Lux Single Cabin dan Toyota Dyna juga membukukan penjualan yang melegakan. Bulan Januari lalu, penjualan Hi-Lux Single Cabin terjual 452 unit atau naik 37% dari bulan yang sama pada tahun sebelumnya yang hanya sebesar 330 unit. Sedangkan Toyota Dyna, penjualan di bulan Januari mencapai 531 unit.
“Pencapaian di awal tahun ini cukup menggembirakan, di tengah kondisi ekonomi yang masih belum stabil ini Toyota berhasil menguasai pasar penjualan ritel sebesar 39,7%," tukas ucap Johnny Darmawan Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News