kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,87   5,12   0.57%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bumi Serpong Damai (BSDE) Menyebut Industri Perkantoran Dalam Kondisi Oversupply


Kamis, 01 Juni 2023 / 05:51 WIB
Bumi Serpong Damai (BSDE) Menyebut Industri Perkantoran Dalam Kondisi Oversupply
ILUSTRASI. Kawasan?perkantoran di pusat kota Jakarta, Rabu (31/5/2023).?Bumi Serpong Damai (BSDE) menyatakan industri perkantoran saat ini masih dalam kondisi oversupply.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengembang properti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menyatakan industri perkantoran saat ini masih dalam kondisi oversupply.

Direktur Bumi Serpong Damai Hermawan Wijaya mengatakan, hal ini dapat dilihat pada penambahan ruang perkantoran baru dan juga proyek perkantoran yang sedang dikonstruksi di Jakarta dan sekitarnya.

"Dibandingkan dengan permintaan ruang kantor yang ada itu, masih lebih tinggi pasokan suplai ruang perkantoran," kata Hermawan kepada Kontan.co.id, Rabu (31/5).

Saat ini, Bumi Serpong Damai memiliki beberapa proyek, antara lain di SML Thamrin Tower 1, 2, dan 3, Dimpo Space, Sopo Del Tower, Sinarmas MSIG Tower, dan Bakrie Tower. Tingkat okupansi perkantoran BSDE kurang lebih 80% sampai dengan 90%.

Baca Juga: Intip Prospek dan Rekomendasi Saham Emiten Properti di Tengah Gejolak Pasar

Untuk menyiasati sepinya penyewa atau pembeli ruang kantor, Bumi Serpong Damai perlu lebih jeli dalam melihat permintaan pasar.

"Seperti misalnya kami melihat, saat ini sebagian besar penyewa ruang kantor yang melakukan relokasi atau ekspansi cenderung memilih ruang yang siap pakai (pre-fitted) untuk meminimalisir expenditure mereka," ujar Hermawan.

Untuk menangkap potensi pasar tersebut, lanjut Hermawan, pemilik gedung dapat menyediakan ruangan yang siap pakai dengan lease term yang lebih panjang.

Baca Juga: Awal Kebangkitan Saham Properti

Hermawan menuturkan, upaya lainnya yaitu tren ruang kantor menjadi ruang komersial lain seperti community space dan experience center. Selain itu, keleluasaan perusahaan properti dalam menyewakan ruang perkantoran (size ruang kantor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tenant) sebagai salah satu strategi menyiasati permintaan ruang kantor.

Hermawan menambahkan, harga sewa di Bumi Serpong Damai cenderung stagnan dan penyesuaian kenaikan harga akan disesuaikan dengan kondisi besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×