kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) Siapkan Capex Rp 15 Miliar Tahun Ini


Selasa, 12 April 2022 / 19:41 WIB
Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) Siapkan Capex Rp 15 Miliar Tahun Ini
ILUSTRASI. Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) menyiapkan belanja modal atau capex Rp 15 miliar tahun ini.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Emiten produsen keramik, PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) tidak menggelontorkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) yang cukup besar tahun ini. Hal itu lantaran perusahaan ini baru saja melakukan ekspansi pada tahun 2020.

Direktur Utama Cahayaputra Asa Keramik Johan Silitonga mengatakan, CAKK menyiapkan dana capex sekitar Rp 15 miliar di tahun 2022 ini. Dana capex tahun ini sebagian besar akan digunakan untuk menunjang upaya efisiensi di sisi produksi.

"Untuk Capex di 2022 karena kami baru melakukan eksapsni di 2020, sehingga capex juga tidak terlalu besar," kata Johan dalam paparan publik virtual, Selasa (12/4).

Berdasarkan materi paparan publik virtual, pada tahun 2020, CAKK melakukan penambahan satu line produksi baru, dari sebelumnya 9,18 juta m2 per tahun (2020) menjadi 12 juta m2 per tahun di tahun 2021.

Baca Juga: Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) Sebut Kenaikan Harga Energi Bisa Gerus Margin

Adapun, realisasi produksi perusahaan pada tahun 2021 baru mencapai 8,71 juta m2 dari total kapasitas terpasang yang sebesar 12 juta m2.

Di tahun 2022 ini, CAKK akan fokus untuk memaksimalkan utilisasi produksi mereka dan memasang target realisasi produksi di atas 10 juta m2 per tahun atau setara 83,33% dari total kapasitas terpasang saat ini.

Di samping itu, CAKK juga sudah menyusun sejumlah strategi untuk memaksimalkan laju bisnis di tahun 2022. Dari sisi operasional, Johan bilang, CAKK akan fokus pada pencapaian hasil produksi, baik secara kuantitas maupun kualitas, dengan cara terus melakukan perbaikan pada proses produksi.

Sedangkan untuk strategi pemasaran, pada tahun ini CAKK berencana menambah ukurang produk yang lebih besar. Sehingga dapat meningkatkan penyerapan produk keramik KAISAR di pasar nasional.

Tak hanya itu, CAKK juga akan berupaya memperluas jaringan penjualan di pasar domestik, terutama untuk proyek perumahan sederhana maupun rumah-rumah segmen menengah.

Pada tahun ini, CAKK membidik angka penjualan dapat mencapai angka Rp 350 miliar. Jumlah ini lebih tinggi 29,41% dibandingkan realisasi penjualan pada tahun 2021 yang senilai Rp 270,44 miliar.

Sementara dari sisi bottom line, laba bersih CAKK diestimasikan berada di kisaran Rp 20 miliar. Target tersebut terpantau lebih tinggi daripada laba bersih perusahaan di tahun lalu yang senilai Rp 12,20 miliar.

Baca Juga: Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) Bidik Penjualan Sebesar Rp 350 Miliar Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×