kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   -2.000   -0,14%
  • USD/IDR 15.171   -65,00   -0,43%
  • IDX 7.745   3,61   0,05%
  • KOMPAS100 1.210   1,46   0,12%
  • LQ45 971   -6,60   -0,68%
  • ISSI 233   2,13   0,92%
  • IDX30 497   -2,77   -0,55%
  • IDXHIDIV20 598   -4,92   -0,82%
  • IDX80 138   0,12   0,09%
  • IDXV30 142   0,88   0,62%
  • IDXQ30 166   -1,20   -0,72%

Capai skor 4,32 Versi COMET, MRT Jakarta Catat Indeks Kepuasan Tertinggi


Kamis, 26 September 2024 / 20:45 WIB
Capai skor 4,32 Versi COMET, MRT Jakarta Catat Indeks Kepuasan Tertinggi
ILUSTRASI. transportasi publik: Satu rangkaian LRT menjalani uji coba tanpa masinis (carousel test) di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (04/04/2023). MRT Jakarta catat indeks kepuasan tertinggi.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil Survei Kepuasan Pelanggan 2024 yang diinisiasi oleh Community of Metros (COMET) pada awal tahun ini menempatkan PT MRT Jakarta (Perseroan) dengan tingkat kepuasan tertinggi dibandingkan dengan operator dari negara lain, yaitu 4,32. 

Angka tersebut melampaui 30 operator metro anggota COMET lainnya yang disurvei pada 2024 ini, baik dari Eropa, Asia, maupun Amerika. Melalui hasil ini, secara konsisten MRT Jakarta berhasil mempertahankan pencapaian ini sejak 2022. 

Community of Metro (COMET) merupakan sebuah komunitas metro yang saat ini terdiri dari 45 sistem metro dari 41 negara, dan berdiri sejak 1994. MRT Jakarta bergabung ke dalam COMET sejak September 2021.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas Selama Pembangunan Stasiun MRT Monas dan Thamrin

Tidak hanya itu, MRT Jakarta juga mencatatkan Indeks Loyalitas (NPS) tertinggi, yaitu 73% dibandingkan 29 operator metro negara lain dalam anggota COMET. Hal ini menunjukkan mutu dan layanan MRT Jakarta meninggalkan kesan yang istimewa di benak para pengguna jasa. 

Beberapa aspek kekuatan layanan MRT Jakarta dengan skor yang tinggi adalah sebagai berikut. 

1. Kenyamanan kereta dan stasiun

2. Keamanan kereta dan stasiun

3. Keandalan layanan 

4. Jam operasional yang sesuai dengan kebutuhan

“Atas nama MRT Jakarta, saya mengucapkan terima kasih atas hasil membanggakan ini. MRT Jakarta merupakan sistem perkeretaapian modern perkotaan pertama di Indonesia. Kehadirannya telah menunjukkan bukan hanya kepada Indonesia, namun juga negara lain, bahwa Indonesia mampu menghadirkan layanan transportasi publik berkelas internasional yang aman, nyaman, dan dapat diandalkan bagi masyarakat,” ungkap Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Mega Tarigan, dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (26/9). 

Dia berharap, capaian ini semakin meneguhkan posisi MRT Jakarta sebagai operator metro dengan layanan kelas dunia.

Sejak beroperasi pertama kali pada Maret 2019, MRT Jakarta telah mengangkut tidak kurang dari 120 juta orang dan secara konsisten menjaga ketepatan waktu di 99,9% dan waktu tempuh, tunggu, dan kedatangan. 

Selain itu, MRT Jakarta mendorong kerja sama integrasi  antarmoda, termasuk moda pengumpan (feeder) agar layanan transportasi publik dapat menjangkau area pemukiman di kota-kota penyangga sekitar Jakarta. 

MRT Jakarta telah bergabung dengan COMET sejak 2021 dan secara aktif memperkuat kolaborasi dengan tidak kurang dari 44 operator lainnya dari 41 negara.

Baca Juga: PNBP Transportasi Laut Mencapai Rp 4,3 Triliun

Selanjutnya: Wall Street Dibuka Menghijau Kamis (26/9), S&P 500 Mencetak Rekor Baru

Menarik Dibaca: KPPU: RPM Jadi Ilegal jika Terbukti Membuat Persaingan Usaha Tidak Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×