kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cerita Musim Mas melawan arus bisnis perkebunan


Rabu, 28 September 2016 / 14:30 WIB
Cerita Musim Mas melawan arus bisnis perkebunan


Reporter: Fahriyadi, Tri Sulistiowati | Editor: Rizki Caturini

Menjadi raksasa perusahaan berbasis kelapa sawit di Tanah Air mungkin tak pernah dipikirkan oleh Musim Mas Group. Pasalnya, sebelum tahun 1970, perusahaan yang berasal dari Tanjung Mulia, Medan, Sumatra Utara, ini hanyalah perusahaan produsen sabun.

Namun, inisiatif Anwar Karim, pendiri Musim Mas Group untuk membangun kilang minyak sawit tahun 1970 mengubah segalanya. Perusahaan ini bermetamorfosis menjadi perusahaan di sektor hilir kelapa sawit. 

Perjalanan Musim Mas terbilang unik ketimbang perusahaan kelapa sawit besar di Tanah Air lainnya seperti Wilmar atau Sinarmas. Musim Mas boleh dibilang melawan kredo dan arus bisnis kelapa sawit yang lazimnya dimulai dari hulu lalu ke hilir. Maklum, grup usaha ini justru memulai dari hilir ke hulu. Perusahaan ini baru memiliki kebun sawit pertamanya di tahun 1988 dan saat ini lahannya mencapai lebih dari 120.000 hektare (ha).

Perusahaan milik taipan Bachtiar Karim ini memiliki pondasi kuat untuk mengarungi bisnis kelapa sawit. Terbukti, perusahaan ini bisa lolos dari krisis ekonomi yang melanda Tanah Air tahun 1998 dan 2008. Pasca krisis, kondisi perusahaan juga malah semakin ekspansif dari sebelumnya. 

Strategi yang diusung perusahaan yang melantai di Bursa Saham Singapura ini dalam menghadapi krisis adalah terus fokus menggarap produk turunan kelapa sawit dengan berbagai jenis produk. "Kami selalu berusaha untuk berinvestasi sekecil apapun selama periode krisis tersebut terjadi. Hal ini yang membuat kami bisa terus bertahan dan menjadi pemain papan atas dalam bisnis kelapa sawit," ujar Togar Sitanggang, Senior Corporate Affairs Manager Musim Mas Group kepada KONTAN, pekan lalu.  

Tiga kunci sukses

Berbicara soal strategi menangkal krisis, kunci Musim Mas Group berhasil lolos dari ancaman krisis karena sejumlah faktor. Pertama, cekatan dan cepat tanggap terhadap situasi bisnis yang bergerak dinamis. Togar  menyatakan, Musim Mas percaya bila krisis ekonomi dan kesempatan datang secara bersamaan, sehingga hal ini harus dihadapi dengan bijaksana.

Kedua, meskipun Musim Mas dikenal sebagai perusahaan keluarga, namun hal ini tak membuat perusahaan ini menutup diri dari dunia luar. Faktor tersebut juga yang membuat perusahaan mampu bertahan dari terpaan krisis ekonomi. "Perusahaan ini mengembangkan bisnis dengan menggandeng orang-orang profesional untuk masuk dalam manajemen," ujar Togar.

Dengan menempatkan orang-orang profesional di manajemen, perusahaan ini pun berjalan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dan bahkan dijalankan oleh keluarga pemilik perusahaan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×