kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Cipta Kridatama, anak usaha ABM Investama, raih kontrak baru di semester II 2021


Jumat, 23 Juli 2021 / 13:50 WIB
Cipta Kridatama, anak usaha ABM Investama, raih kontrak baru di semester II 2021
ILUSTRASI. PT Cipta Kridatama, anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABMM) di Balikpapan

Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Cipta Kridatama, anak usaha dari PT ABM Investama Tbk (ABMM) berhasil mencetak kinerja mantap di tahun ini. Buktinya, perusahaan sudah memperoleh kontrak overburden removal anyar untuk semester II 2021.

Direktur Utama Cipta Kridatama Feriwan Sinatra mengungkapkan, pihaknya telah meraih kontrak baru dengan Emiten Grup Sinarmas, PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) untuk tambangnya yang dikelola PT Borneo Indobara.

Pria yang kerap disapa Frank ini menjelaskan, kontrak baru ini meliputi penanganan overburden removal sebesar 3,5 juta bank cubic meter (bcm) untuk tahun ini. Selain itu, lokasi tambang yang berdekatan dengan pertambangan anak usaha ABMM lainnya PT Tunas Inti Abadi (TIA) dinilai bakal berdampak positif bagi perusahaan.

"Tahun ini 3,5 juta bcm, mulai September ini. Mulai tahun depan 12 juta bcm," jelas dia dalam wawancara virtual, Jumat (23/7).

Kendati demikian, Frank belum merinci lebih jauh besaran nilai kontrak yang diperoleh.

Sebelumnya, Cipta Kridatama meraih kontrak kerjasama jasa pertambangan terbaru dengan PT Energi Batubara Lestari (EBL), yang merupakan anak usaha dari Hasnur Group. Penandatangan kesepakatan kontrak kerjasama jasa pertambangan tersebut setara dengan Rp 661 miliar.

Baca Juga: Anak usaha ABM Investama (ABMM) targetkan overburden removal 192 juta bcm di 2021

 

 

Mengutip keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI) beberapa waktu lalu, dalam kesepakatan kerjasama tersebut Cipta Kridatama akan melakukan penambangan untuk pemindahan material (overburden removal) dan penyewaan (rental) unit alat berat untuk kebutuhan operasional Energi Batubara Lestari. 

Hal ini untuk mencapai target rata-rata produksi overburden removal yang dilakukan Cipta Kridatama yakni sekitar 8 juta bcm setiap tahun sehingga jumlah produksi batubara Energi Batubara Lestari dapat menjadi sebesar 2 juta ton per tahunnya. 

Adapun lokasi pertambangan Energi Batubara Lestari terletak di Pit Blok 3 Balimas, Kecamatan Lokpaikat, Piani dan Bungur, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

“Dengan kontrak-kontrak life of mine, maka Cipta Kridatama dapat lebih matang dalam melakukan mine planning sehingga kami lebih optimistis untuk dapat selalu mencapai target,” terang Direktur Utama Cipta Kridatama, Feriwan Sinatra, dalam keterangan resminya yang dikutip Kontan.co.id.

Untuk tahun ini, secara total Cipta Kridatama menargetkan overburden removal mencapai 192 juta bcm. Hingga Semester I-2021, realisasi overburden removal telah mencapai 90 juta ton.

Tren peningkatan harga batubara diakui Frank membuat klien-klien meningkatkan produksi. Ini berdampak pada peningkatan kinerja oleh Cipta Kridatama.

"Kami akan terus meningkat performa aset kami, caranya dengan melakukan program inisiatif, pengembangan operasi tambang kami, pelan-pelan tambah equipment dan produksi semakin besar," pungkas Frank.

 

Selanjutnya: Volume penjualan batubara ABM Investama (ABMM) tumbuh hampir 30% pada semester I

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×