Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang tutup tahun 2023, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) memproyeksikan capaian pendapatan prapenjualan alias marketing sales akan melampaui target yang ditetapkan.
Direktur Ciputra Development Harun Hajadi menyatakan, target marketing sales yang sebesar Rp 9,8 triliun diproyeksikan akan tercapai dan bahkan realisasi hingga akhir tahun 2023 bisa lebih tinggi.
“Tahun 2023 CTRA kan proyeksinya marketing sales Rp 9,8 triliun, kelihatan akan tercapai dan lebih,” ungkap Harun, kepada Kontan.co.id, Rabu (27/12).
Adapun, hingga September 2023 CTRA membukukan marketing sales senilai Rp7,79 triliun atau naik 19% secara year-on-year (YoY) dibandingkan tahun sebelumnya yakni Rp6,55 triliun.
Baca Juga: Pendapatan Sinergi Inti Andalan (INET) Naik 37,08% hingga Kuartal III
Harun memerinci, CTRA saat ini memiliki 75 proyek yang tersebar di 35 wilayah di Indonesia. Dan marketing sales terbesar di antaranya disumbang dari proyek perumahan seperti CitraGarden Serpong, CitraLand Surabaya, CitraLand Sampali Medan, dan Citra City Sentul.
Sementara itu, per September 2023, CTRA mencatat pendapatan sebesar Rp6,5 triliun. Angka tersebut turun 8,85% dari periode sama tahun lalu sebesar Rp 7,23 triliun.
Pendapatan bersih CTRA dikontribusikan oleh segmen penjualan yang mencapai Rp5,08 triliun atau melemah 13,30% YoY. Perinciannya, penjualan kavling, rumah, dan ruko menyumbang Rp 4,2 triliun, apartemen Rp 499 miliar, dan kantor Rp 378 miliar.
Sedangkan dari sisi bottom line, CTRA mencetak laba bersih sebesar Rp 1,18 triliun. Laba bersih itu turun 22,37% ketimbang Januari-September tahun lalu senilai Rp 1,52 triliun.
Ciputra Development juga melihat prospek bisnis di tahun depan masih cukup baik. Meskipun ada gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pihaknya menilai hal ini tidak akan begitu mempengaruhi pasar properti.
Baca Juga: Midi Utama (MIDI) Targetkan Pendapatan Tahun Depan Tumbuh 11%
“Selama pemilu (2024) aman menurut saya tidak akan berbeda jauh dengan tahun 2023,” jelasnya.
Namun sayang, Manajemen CTRA belum bisa buka-bukaan mengenai target-target bisnis di tahun depan. Harun bilang, target baru akan ditentukan setelah semua proyek rapat kerja (raker) dan setelah itu disahkan oleh rapat BOD sekitar bulan Maret 2024.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News