kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,41   -13,08   -1.42%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciputra Development Menilai Kenaikan Suku Bunga BI Mempengaruhi Minat KPR Masyarakat


Selasa, 27 September 2022 / 16:27 WIB
Ciputra Development Menilai Kenaikan Suku Bunga BI Mempengaruhi Minat KPR Masyarakat
ILUSTRASI. Ciputra Development (CTRA) menilai kenaikan suku bunga mempengaruhi minat KPR masyarakat. KONTAN/Baihaki/16/02/2017


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten properti PT Ciputra Development Tbk (CTRA) mengatakan jika kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) tentu akan mempengaruhi minat terhadap pengambilan KPR.

Direktur CTRA, Harun Hajadi menuturkan kenaikan ini tentunya juga berpotensi menurunkan daya beli.

"Setiap kenaikan suku bunga pasti berdampak kepada minat mengambil KPR dan dengan sendirinya membeli properti, karena itu kan berarti menurunkan daya beli karena naiknya cicilan," ujarnya kepada Kontan, Selasa (27/9).

Baca Juga: Kontribusi Penjualan Apartemen Terhadap Kinerja Ciputra Development (CTRA) Masih Mini

Sebagai informasi, BI menaikkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,25% pada Kamis (22/9).

Bank sentral juga mengerek suku bunga deposit facility naik sebesar 50 bps menjadi 3,5%, dan suku bunga lending facility naik sebesar 50 bps menjadi 5%.

Harun melanjutkan, efeknya terhadap segmen kelas bawah bisa menjadi semakin berkurang sebab konsumen dari segmen kelas bawah harus menyisihkan keuangannya demi berjaga-jaga terhadap dampak pandemi Covid-19.

CTRA menuturkan pihaknya memiliki banyak produk untuk berbagai segmen tergantung dari lokasinya. Namun dirinya tidak melakukan elaborasi lebih jauh. Harun menjelaskan CTRA baru meluncurkan CitraLand City Kedamean di Surabaya sebulan yang lalu. Kemungkinan CTRA juga akan meluncurkan satu proyek baru lagi tahun ini.

 

"Kalau produk properti, ya kita hampir setiap bulan ada produk-produk baru di proyek-proyek kita. Proyek-proyeknya cukup banyak dan ada di berbagai kota di seluruh Indonesia. Setiap proyek pasti dituntut untuk selalu berinovasi," ujarnya.

CTRA mencatat target pencapaian marketing sales di semester pertama tumbuh 5% dari realisasi tahun 2021. Pada enam bulan pertama kemarin CTRA membukukan marketing sales sebesar Rp 3,9 triliun. Capaian tersebut didorong dari penjualan di kota-kota besar seperti Jabotabek, Surabaya, Medan dan Makassar.

Selain itu, Ciputra Development juga masih melihat permintaan untuk rumah tapak (landed house) masih kuat. Sehingga, sampai akhir tahun ini CTRA masih akan memfokuskan pada pasar tersebut guna mencapai target tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×