kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,22   7,62   0.77%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CKB Logistics menambah kapasitas gudang di Surabaya


Selasa, 23 Juli 2019 / 08:12 WIB
CKB Logistics menambah kapasitas gudang di Surabaya


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Cipta Krida Bahari (CKB), anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (ABMM) sebagai pemilik salah satu lisensi pusat logistik berikat (PLB) pertama di Indonesia terus mengembangkan bisnis. Saat ini, Cipta Krida Bahari memiliki tujuh pusat logistik berikat yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Dari tujuh lokasi PLB yang kami kelola terjadi proses arus barang yang lebih cepat dan efisien. Importir juga diuntungkan karena barang-barangnya tidak langsung terkena beban pajak sebelum keluar dari PLB," ujar Iman Sjafei, Direktur Utama CKB Logistics dalam siaran pers, Selasa (23/7).

Iman menjelaskan, salah satu PLB yang dikelola oleh CKB Logistics yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur ini menampung banyak unit alat berat dan spareparts dari berbagai industri yang selama ini banyak dititipkan di Singapura. Di kawasan ini CKB Logistics mengoperasikan lahan seluas 124.000 meter persegi dan melayani lebih dari 50 perusahaan sebagai mitra kerjanya.

Tahun ini, CKB Logistics menambah kapasitas gudang di Surabaya seluas 18.000 meter persegi sehingga total kapasitasnya menjadi 42.500 meter persegi yang berlokasi di Central Business Park Osowilangon mencakup fasilitas PLB dan akan mulai beroperasi di awal Oktober 2019.

"Kami optimistis dengan iklim usaha yang semakin positif bisnis logistik akan terus membaik. Dengan tingkat efisiensi yang lebih baik, daya saing industri nasional juga akan meningkat," lanjutnya.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Bea & Cukai, sejak diluncurkan pada 2016 sudah ada 95 PLB di 144 lokasi di seluruh Indonesia. Perkembangan PLB yang sangat cepat membuktikan bahwa PLB merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan oleh pelaku industri baik eksportir dan importir untuk menyimpan bahan baku, mesin dan alat produksi dan barang jadi sehingga menciptakan sistem perdagangan menjadi lebih praktis dan efisien.

Saat ini, CKB Logistics mempunyai tujuh gudang multifungsi PLB yang berlokasi di Cakung, Marunda, Cilegon, Karawang, Surabaya dan Balikpapan dengan tingkat okupansi per 30 Juni 2019 telah mencapai 91%. Fasilitas gudang PLB milik CKB Logistics pada umumnya banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha yang bergerak di industri tambang, migas, konstruksi, besi baja, ban, tekstil, tembakau, kimia dan aviasi.

Iman menuturkan, ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh pemerintah sebagai regulator dengan makin banyaknya PLB. Pertama, PLB menarik foreign direct investment untuk membangun manufaktur di Indonesia. Kedua, mengurangi potensi kongesti pelabuhan dan mempercepat dwelling time. Ketiga, alur pengawasan barang impor lebih tertata dengan baik. Keempat, penerimaan bea masuk meningkat. Kelima, menjadikan Indonesia sebagai hub logistik di Asia Pasifik.

"Sebagai pihak swasta yang dipercaya mengelola PLB di Indonesia, kami terus berupaya menjadi operator PLB terbaik, sehingga loyalitas pelanggan tetap terjaga. CKB Logistics juga akan terus mengambil inisiatif untuk mengoptimalkan peluang ekonomi dan mendorong terciptanya efisiensi di industri logistik nasional," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×