kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daihatsu kokoh di pasar mobil bekas, ini faktornya


Senin, 18 Januari 2021 / 10:07 WIB
Daihatsu kokoh di pasar mobil bekas, ini faktornya
ILUSTRASI. Mobil bekas Daihatsu Xenia 2004 kini mulai Rp 50 Juta


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Merek Daihatsu rupanya tidak hanya besar di pasar mobil baru tanah air. Merek yang saat ini menduduki posisi nomor dua dalam hal penguasaan market share di pasar mobil baru juga memiliki posisi yang kokoh di pasaran mobil bekas (mobkas).

Head of Customer Satisfaction & Value Chain Division, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Elvina Afny mengatakan, mobkas Daihatsu cukup diminati di pasar mobkas. Kesimpulan ini ia ambil berdasarkan data  PT Balai Lelang Asta Natra Jaya (AUKSI) dan Mobil88.

Berdasarkan data  PT Balai Lelang Asta Natra Jaya (AUKSI),  Daihatsu tercatat sebagai brand terlaris nomor 2 untuk pasar mobil bekas di tahun 2020.

Sementara itu, data Mobil88 menunjukkan bahwa Daihatsu menduduki peringkat 2 penjualan setiap tahunnya dengan kontribusi 16% dari total penjualan di Mobil88.

"Dari data penjualan kita melihat Daihatsu itu duduk di posisi kedua untuk pasar mobil bekas, baik di pasar lelang maupun pasar ritel Mobil88,” kata Elvina dalam webinar virtual yang diselenggarakan pada Jumat (15/1) lalu.

Baca Juga: Lelang mobil Daihatsu Xenia harga murah Rp 40 jutaan

Selain banyak diminati, mobkas Daihatsu juga disebut cepat laku di pasaran. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Daihatsu, mobkas Daihatsu rata-rata laku terjual dalam waktu 0,9 bulan setelah akuisisi. Beberapa model seperti Ayla bahkan bisa laku terjual dalam kurun waktu 0,7 bulan setelah akuisisi.

Sejalan dengan klaim tersebut, data Mobil88 juga menunjukkan bahwa rasio perputaran mobil merek Daihatsu di showroom Mobil88 juga berkisar kurang dari 1 bulan. Dalam kisaran 2-3 minggu, mobil Daihatsu sudah bisa terjual kembali setelah diakuisisi.

Elvina bilang, mobkas Daihatsu memiliki nilai depresiasi yang baik. Hal ini bisa terlihat misalnya pada Daihatsu Xenia 1.3 R MT yang nilai jualnya masih berada di level 81% dari harga awal setelah pemakaian 2 tahun.

Nilai depresiasi yang baik pada mobil Daihatsu, menurut Elvina, didorong oleh sejumlah faktor, di antaranya yakni seperti kualitas produk, spesifikasi, serta jaringan purnajual atawa after sales Daihatsu yang kuat.

“Dukungan aftersales kita sudah terbukti, bengkel kita mudah dicari. Kemudian harga perawatan berkala kita relatif terjangkau, spare part-nya mudah didapat, dan satu lagi, mobil Daihatsu itu terkenal iritnya,” tambah Elvina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×