kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,46   6,00   0.65%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daihatsu raih posisi kedua penjualan otomotif nasional di semester I 2021


Kamis, 15 Juli 2021 / 16:51 WIB
Daihatsu raih posisi kedua penjualan otomotif nasional di semester I 2021
ILUSTRASI. Daihatsu menempati posisi kedua penjualan otomotif nasional di semester I 2021


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah memperpanjang relaksasi diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 100% hingga Agustus 2021 guna menstimulus pasar otomotif nasional di tengah kondisi pandemi hingga saat ini.

Dukungan ini diharapkan dapat direspons positif oleh pasar seiring telah keluarnya PMK dari pemerintah pada akhir Juni 2021, sehingga calon konsumen yang menunda (wait & see) dapat melakukan pembelian kendaraan dengan memaksimalkan program tersebut.

Secara nasional, pasar ritel otomotif pada Juni 2021 mencatatkan torehan di kisaran 65.000 unit atau naik sebesar 2,5% (mom) dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sekitar 64.000 unit. Kenaikan serupa juga terjadi pada pasar wholesales nasional yang mencatatkan capaian kisaran 72.000 unit atau naik sebesar 32,7% dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sekitar 54.000 unit.

Baca Juga: Tahun depan, Hyundai berencana luncurkan mobil listrik yang diproduksi di Indonesia

Selain kenaikan pasar, dampak positif serupa juga dirasakan oleh Daihatsu yang bahkan memiliki performa kenaikan lebih baik dibanding pasar, sekaligus tetap mempertahankan peringkat kedua penjualan otomotif nasional hingga Juni 2021.

Pada penjualan ritel bulan Juni 2021, Daihatsu membukukan capaian di kisaran 12.000 unit atau naik 16,6% (mom) dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sekitar 10.000 unit. Kenaikan juga terjadi pada penjualan wholesales yang mencatatkan capaian kisaran 15.000 unit atau naik 86,3% dibandingkan bulan Mei 2021 lalu sekitar 8.000 unit.

Dari capaian Daihatsu pada bulan Juni 2021, baik retail sales maupun wholesales menjadi capaian  atau pangsa pasar tertinggi Daihatsu selama semester I-2021, yakni retail sales sebesar 19,0%, dan wholesales sebesar 21,3%.

“Daihatsu bersyukur hingga semester I 2021 dapat mempertahankan posisi penjualan nasional nomor dua. Daihatsu terus berusaha memenuhi permintaan pelanggan di tengah perpanjangan insentif diskon pajak dari pemerintah, serta meningkatkan aktivitas digital marketing karena adanya keterbatasan mobilitas di tengah kondisi PPKM yang berlaku sejak awal Juli 2021 ini,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (15/7).

Selanjutnya: Tertinggi di Indonesia, Honda Brio Terjual 27.785 Unit di Semester I-2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×