kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,52   0,77   0.09%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daihatsu tertolong penjualan Gran Max, Xenia, Ayla


Minggu, 26 Juli 2015 / 15:04 WIB
Daihatsu tertolong penjualan Gran Max, Xenia, Ayla


Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Selama enam bulan pertama tahun 2015, Daihatsu mencatat prestasi yang cukup baik dengan penjualan wholesales 88.879 unit dan retailsales 85.516 unit. Dengan pencapaian tersebut, pangsa pasar Daihatsu untuk wholesales naik 2%, dari sebelumnya 14,9% menjadi 16.9%, sementara retailsales, naik 1% dari 15.2% menjadi 16.2%

Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Agen Pemegang Merk (APM) Daihatsu, bilang penjualan wholesales Daihatsu selama enam bulan tahun 2015 disumbang oleh tiga kontributor utama yakni Gran Max, Xenia, dan Ayla.

Gran Max mencapai penjualan 40.420 unit atau 45,5% yang terdiri dari Gran Max Pick Up sebanyak 32.510 unit atau 36.6% dan Gran Max Minibus 7.910 unit atau 8.9%. Kontributor terbesar kedua adalah MPV All New Xenia sebanyak 19.612 unit atau 22.1%. "Sedangkan Astra Daihatsu Ayla meraih 17.518 unit atau menduduki posisi ketiga dengan kontribusi 19.7%," kata Amelia dalam keterangan resmi, Jumat (24/7).

Disisi lain, penjualan retail Daihatsu dalam kurun Januari-Juni 2015 mencapai 85.516 unit. Perincian retailsales tidak jauh berbeda dengan wholesales, tetap dengan penopang utama Gran Max, Xenia dan Ayla.

Gran Max terjual 37.985 unit atau 44.4% yang terdiri dari yang terdiri dari Gran Max Pick Up sebanyak 31.089 unit atau 36.4% dan Gran Max Minibus 6.896 unit atau 8.1%. Disusul MPV All New Xenia sebanyak 19.129 unit atau 22.4%. "Astra Daihatsu Ayla di tempat ketiga berkontribusi 17.383 unit atau 20.3%," ujar Amelia.

Amelia bilang, Daihatsu melewati tengah tahun 2015 dengan prestasi yang cukup menggembirakan. Di tengah kondisi pasar otomotif domestik yang sedang menurun, Daihatsu membukukan angka penjualan yang relatif lebih baik dibandingkan dengan sesama rekan pemain otomotif.

Sekalipun secara volume mengalami penurunan dibanding tahun lalu, namun penurunan tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan penurunan pasar secara nasional. Bahkan pangsa pasar mengalami kenaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×