kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dana pensiun Kanada beli 45% saham pengelola Tol Cipali


Selasa, 24 September 2019 / 13:17 WIB
Dana pensiun Kanada beli 45% saham pengelola Tol Cipali
ILUSTRASI. Pemberlakuan sistem satu arah pada arus mudik


Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Dana pensiun Kanada, Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB), mengumumkan investasi pertamanya di sektor infrastruktur Indonesia. Mereka membeli 45% saham operator jalan tol PT Lintas Marga Sedaya (LMS).

Pengumuman itu CPPIB rilis akhir pekan lalu. Mengutip Nikkei Asian Review, Selasa (24/9/2019), LMS merupakan pemegang konsesi dan operator Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Sebelumnya pada bulan ini, DealStreetAsia secara eksklusif melaporkan minat CPPIB untuk mengakuisisi saham LMS. Bloomberg pun mewartakan, akuisisi ini bernilai kira-kira US$ 500 juta atau sekitar Rp 7 triliun.

Baca Juga: Astra Infra siap tingkatkan kepemilikan saham di jalan tol Cipali

Dalam pernyataannya, CPPIB menyebutkan, bakal berinvestasi di LMS bermitra dengan PT Baskhara Utama Sedaya (BUS), anak usaha PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra). CPPIB dan BUS akan bersama-sama mengakuisisi saham LMS dari PLUS Expressways International Berhad, anak perusahaan UEM Group.

Sedang UEM secara penuh dimiliki Khazanah Nasional, badan investasi pemerintah Malaysia. Dengan demikian, Khazanah resmi menarik diri dari LMS.

BUS saat ini memiliki 45% saham LMS dan akan menaikkan kepemilikan sahamnya menjadi 55%. Sementara CPPIB akan mengantongi sisanya, sebesar 45%.

"Sebagai investasi infrastruktur CPPIB pertama di Indonesia, langkah ini memantapkan komitmen (CPPIB) di kawasan Asia Pasifik dan fokus kami pada investasi di pasar-pasar baru dengan return (imbal hasil) dan karakteristik risiko yang menarik," kata Direktur Pelaksana Senior dan Pimpinan CPPIB Asia Pasifik Suyi Kim.

Baca Juga: Catat, Mulai Oktober 2019 Tarif Jalan Tol Cipali Naik

Tol Cipali merupakan salah satu ruas tol terpanjang di Indonesia, terbentang sepanjang 117 km. Jalan bebas hambatan ini merupakan bagian dari jaringan Tol TransJawa.

"Tol Cipali memberikan CPPIB akses ke pengembangan infrastruktur vital yang didorong meningkatnya mobilisasi di salah satu kawasan terpadat dan produktif secara ekonomi di Indonesia," sebut Direktur Pelaksana dan Kepala Bidang Infrastruktur CPPIB Scott Lawrence.

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dana Pensiun Kanada Beli 45 Persen Saham Tol Cipali"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×