kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dapur Bersama GoFood dinilai membantu pelaku UMKM kuliner


Sabtu, 11 Juli 2020 / 08:30 WIB
Dapur Bersama GoFood dinilai membantu pelaku UMKM kuliner


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenkopUKM) mengapresiasi layanan Dapur Bersama yang dikembangkan GoFood. Hal itu dinilai sejalan dengan konsep Rumah Produksi Bersama yang dikembangkan pemerintah.

Menurut MenkopUKM Teten Masduki, layanan Dapur Bersama tidak hanya menyediakan tempat dan peralatan yang modern tetapi juga pendampingan bagaimana menyediakan kualitas sehingga sesuai dengan permintaan pelanggan.

Oleh karena itu, KemenkopUKM mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan layanan Dapur Bersama itu agar bisa memiliki daya saing.

“UMKM kalau perorangan tidak mungkin bisa punya tempat yang bagus, mudah diakses, produksinya higienis, peralatannya modern, efisien, kualitas produk bisa ditingkatkan. Jadi Dapur Bersama ini sudah tepat,” katanya dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (10/7).

Dengan pandemi Covid-19, pelanggan ke depan akan semakin menuntut tingkat kesehatan dan higienitas produk yang dipasarkan. Rumah produksi di Dapur Bersama dinilai bisa menjawab tuntutan pasar dan tuntutan konsumen.

Dapur Bersama membantu masalah supply chain UMKM melalui GoFresh yakni layanan marketplace bahan baku yang menghubungkan UMKM dengan penyedia bahan baku. Pelaku UMKM kuliner dinilai juga akan lebih cepat naik kelas jika memiliki kemitraan.

Baca Juga: Supaya naik kelas, Menkop sebut UMKM bisa gabung Dapur Bersama

MenkopUKM menilai kemitraan melalui Dapur Bersama ini jadi contoh transformasi UMKM offline ke digital. ”Kemitraan tersebut memberikan dampak yang sangat positif yaitu usahanya berkembang dan pendapatan juga akan meningkat,” ujarnya.

Layanan Dapur Bersama GoFood merupakan inovasi baru dari Gojek untuk mengakselerasi pertumbuhan skala usaha UMKM kuliner.

Dapur Bersama adalah ruang kerja yang lengkap dengan fasilitas pendukung untuk restoran dan UMKM kuliner, dan terintegrasi dengan sistem teknologi serta layanan pengantaran dari Gojek.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, pihaknya konsisten memberikan solusi yang paling lengkap guna membantu pelaku UMKM beradaptasi di tatanan baru dan terus bertumbuh dengan memperluas pasar melalui proses digitalisasi.

"Kami memberikan dukungan yang paling komprehensif kepada mitra UMKM mulai dari teknologi yang mempermudah manajemen operasional bisnis, layanan logistik dan pembayaran, hingga inovasi yang melampaui teknologi seperti pelatihan keterampilan dan fasilitas Dapur Bersama," kata Andre.

Sebanyak 80% peserta Dapur Bersama GoFood merupakan mitra skala UMKM yang secara rata-rata mencatat peningkatan transaksi sekitar 70% setelah bergabung dalam layanan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×