kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DCII dan Anthony Salim siapkan Rp 2 triliun untuk bangun hyperscale data center


Senin, 21 Juni 2021 / 17:43 WIB
DCII dan Anthony Salim siapkan Rp 2 triliun untuk bangun hyperscale data center
ILUSTRASI. Pembangunan gedung?Hyperscale Data Center Campus (H2) di Karawang.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT DCI Indonesia Tbk (DCII) bakal membangun hyperscale data center campus DCI kedua di Kawasan Pertiwi Lestari Industrial Estate Karawang.

Sebelumnya, perusahaan sudah memiliki data center yang berada di Cibitung. Jarak antara kedua hyperscale ini di atas 30 kilometer, yang memiliki kualitas operasional global yang setara. 

Sebagai informasi, gedung H2, yang merupakan nama daru lokasi hyperscale data center campus kedua DCII ini, merupakan wujud nyata dari kerjasama strategis jangka panjang antara DCI sebagai pengoperasi data center dan Anthony Salim sebagai asset owner.

CEO DCII Toto Sugiri mengatakan, lewat kerja sama itu, investasi yang disiapkan mencapai Rp 1,5 triliun sampai dengan Rp 2 triliun. 

“Tahap satu ini kami akan membangun dengan total 15 Megawatt, dan ini baru bangunan pertama,” jelas dia kepada Kontan.co.id, Senin (21/6). 

Baca Juga: DCII dan Anthony Salim bangun lokasi kedua hyperscale data center campus di Karawang

 

Toto menambahkan, dengan investasi yang disiapkan tersebut, DCII berencana akan membangun lagi gedung-gedung data center selanjutnya sesuai dengan permintaan pasar. 

“Kami tentu akan explore ke lokasi lain namun untuk saat ini lokasi dimana-nya belum kami tentukan,” tambah dia. 

Lewat pembangunan hyperscale data center campus yang kedua, DCI memperkirakan akan mampu mengakomodir kebutuhan pelanggan di tengah percepatan digitalisasi di Indonesia dengan menyediakan hyperscale data center campus dengan total kapasitas lebih dari 1.000 megawatt. 

Pembangunan H2 ini sudah memasuki tahap akhir pembangunan (topping off) dan rencananya akan beroperasi di kuartal IV-2021.

Adapun, Toto bilang, kerja sama strategis ini keduanya sepakat untuk terapkan sistem revenue sharing dalam pengoperasian H2. 

Selanjutnya: Saham DCI Indonesia (DCII) melaju 10 hari dan masuk big cap, cek PER dan PBV-nya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×