kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45839,62   -5,89   -0.70%
  • EMAS1.349.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diluncurkan Elon Musk, Cek Harga Paket Starlink & Cara Berlangganan Internet


Senin, 20 Mei 2024 / 05:05 WIB
Diluncurkan Elon Musk, Cek Harga Paket Starlink & Cara Berlangganan Internet
Menkes Budi Gunadi Sadikin bersama CEO Tesla Inc. sekaligus SpaceX Elon Musk, Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono saat meluncuran layanan internet berbasis satelit Starlink di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod Denpasar, Bali, Minggu (19/5/2024).


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Elon Musk meresmikan layanan internet Starlink Indonesia Minggu 19 Mei 2024. Lalu, berapa harga paket internet Starlink di Indonesia?

Peresmian Starlink di Indonesia oleh salah satu orang terkaya di dunia itu berlangsung di Denpasar, Bali. Diberitakan Kompas.com, peresmian layanan internet milik miiliarder bos Tesla, SpaceX, dan media sosial X itu didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Elon Musk dijadwalkan meluncurkan Starlink bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, Jokowi berhalangan hadir.

“Daerah kita yang terpencil membutuhkan Starlink untuk memperluas layanan internet berkecepatan tinggi, terutama untuk membantu permasalahan di sektor kesehatan, pendidikan, dan kelautan,” kata Luhut, diberitakan AP News, Minggu (19/5/2024).

Peluncuran layanan internet berbasis satelit itu diadakan di klinik kesehatan, sesuai misi Starlink menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi dan terjangkau di daerah tertinggal dan terpencil.

Baca Juga: Telkom (TLKM) Perkuat Kerja Sama Dengan Starlink

Harga paket Starlink di Indonesia

Sebelum diluncurkan oleh Elon Musk, Starlink sudah mendapat izin operasi di Indonesia sejak beberapa waktu lalu. Starlink resmi mengantongi izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk beroperasi di Indonesia. 

Diberitakan Kompas.com, seiring penerbitan izin dari Kemenkominfo, Starlink mengumumkan harga paket langganan dan produk yang ditawarkan. Dilansir dari laman resmi, layanan internet satelit orbit rendah milik miliarder Elon Musk ini menyediakan beberapa paket langganan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Setiap paket internet Starlink menawarkan kelebihan masing-masing, seperti "Starlink untuk Rumah" yang menjamin internet berkecepatan tinggi di mana pun tempat tinggal pengguna. Selain biaya langganan, pengguna juga harus merogoh uang untuk membeli perangkat keras yang dibutuhkan guna menunjang layanan internet.

Berikut perincian harga paket internet Starlink di Indonesia:

1. Harga Internet Starlink Paket Residensial

Paket Residensial yang diklaim cocok untuk keluarga menawarkan internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah tanpa batas. Paket layanan bulanan ini dipatok dengan harga:

Standar: Rp 750.000 per bulan

Perangkat keras standar: Rp 7.800.000.

2. Harga Internet Starlink Paket Jelajah

Paket Jelajah memiliki fitur utama berupa kuota mobile tanpa batas di pedalaman, portabilitas, serta jeda layanan kurang dari 10 mph saat bepergian atau dalam kondisi bergerak. Cocok dipasang di karavan untuk kelompok yang tidak menetap atau nomad, paket layanan meliputi:

Mobile regional: Rp 990.000 per bulan

Mobile global: Rp 6.995.480 per bulan

Perangkat keras standar: Rp 7.800.000.

3. Harga internet Starlink Paket Kapal

Paket Kapal diklaim cocok untuk maritim, tanggap darurat, maupun bisnis mobile atau bergerak. Paket ini menawarkan semua fitur mobile layanan global untuk penggunaan bepergian dan berlayar. Dengan prioritas jaringan dan dukungan prioritas, berikut biaya berlangganannya:

Prioritas mobile-50 GB (gigabita): Rp 4.345.000 per bulan

Prioritas mobile-1 TB (terabita): Rp 17.160.000 per bulan

Prioritas mobile-5 TB: Rp 86.130.000 per bulan

Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590.

4. Harga Internet Starlink Paket Lokasi Tetap

Paket Lokasi Tetap adalah layanan internet Starlink yang dikhususkan bagi bisnis dan pengguna dengan permintaan tinggi. Layanan ini memiliki fitur utama meliputi kuota standar tanpa batas, IP publik, prioritas jaringan, serta dukungan prioritas.

Berikut perincian harga berlangganan internet Starlink Paket Lokasi Tetap:

Prioritas-40 GB: Rp 1.100.000 per bulan

Prioritas-1 TB: Rp 3.025.000 per bulan

Prioritas-2 TB: Rp 6.116.000 per bulan

Prioritas-6 TB: Rp 12.320.000 per bulan

Perangkat keras standar: Rp 7.800.000.

Sebagai informasi, kuota prioritas tambahan per GB tersebut tersedia setelah kuota standar tanpa batas atau kuota prioritas habis.

5. Harga Internet Starlink Paket Mobilitas Darat

Paket layanan internet bisnis bertajuk Mobilitas Darat cocok untuk maritim, tanggap darurat, serta bisnis mobile. Fitur utama dari layanan ini, antara lain semua fitur mobile layanan global, penggunaan bepergian dan berlayar, prioritas jaringan, dan dukungan prioritas.

Harga berlangganan paket ini meliputi:

Prioritas mobile-50 GB: Rp 4.345.000 per bulan

Prioritas mobile-1 TB: Rp 17.160.000 per bulan

Prioritas mobile-5 TB: Rp 86.130.000 per bulan

Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590.

6. Harga Internet Starlink Paket Maritim

Paket Maritim memiliki fitur utama yang mencakup semua fitur mobile layanan global, penggunaan bepergian dan berlayar, prioritas jaringan, serta dukungan prioritas. Cocok untuk maritim, tanggap darurat, maupun bisnis yang tak diam di tempat, paket ini dihargai dengan:

Prioritas mobile-50 GB: Rp 4.345.000 per bulan

Prioritas mobile-1 TB: Rp 17.160.000 per bulan

Prioritas mobile-5 TB: Rp 86.130.000 per bulan

Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590.

Cara berlangganan internet Starlink Indonesia

Masyarakat yang tertarik menggunakan layanan internet dari Starlink dapat melakukan pemesanan melalui laman resmi. Berikut cara berlangganan paket internet Starlink:

  1. Buka situs https://www.starlink.com/id
  2. Gulir halaman ke bawah dan isi kolom "Alamat Layanan", contohnya dengan "Indonesia"
  3. Klik "Pesan Sekarang", dan halaman akan menampilkan ketersediaan Starlink di wilayah tersebut
  4. Isi informasi kontak dan alamat pengiriman, kemudian klik "Perbarui Alamat Pengiriman"
  5. Halaman situs akan memuat biaya layanan per bulan dan harga perangkat keras sesuai yang dipilih pengguna
  6. Situs juga akan menampilkan biaya pengiriman dan penanganan senilai Rp 345.000
  7. Selanjutnya, pilih "Melakukan Pesanan".
  8. Pesanan hanya dapat dilakukan melalui kartu kredit maupun debit Mastercard atau Visa.

Estimasi waktu pengiriman saat ini sendiri selama 1-2 minggu. Khusus "Starlink untuk Rumah", paket yang datang termasuk router Wi-Fi, kabel Starlink 15 meter, kabel daya, serta base station untuk menyambung perangkat.

Pengguna dapat memasang secara mandiri tanpa teknisi dengan mengikuti pedoman yang tersedia di aplikasi Starlink. Nantinya, pengguna akan menerima tagihan layanan bulanan pertama setelah mengaktifkan Starlink atau 30 hari setelah pengiriman.

Itulah info terbaru peresmian Starlink di Indonesia oleh Elon Musk serta informasi harga paket internet Starlink dan cara berlangganan. Anda berminat menjadi pelanggan Starlink?

Resmi mendapat izin, layanan internet Starlink mulai dipasarkan di Indonesia. Berikut harga paket internet Starlink dan cara berlangganan yang perlu diketahui.

Layanan internet satelit dari SpaceX, Starlink, resmi mengantongi izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk beroperasi di Indonesia. Namun, Kemenkominfo menegaskan tidak akan campur tangan soal perumusan harga paket berlangganan Starlink di Indonesia.

Selama ini, Kemenkominfo tidak ikut campur dalam penetapan harga layanan internet, baik dari operator telekomunikasi seluler maupun penyedia jasa internet. ”Kalau mereka (satelit Starlink) banting harga, nah itu baru kami awasi," ujar Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, dikutip dari Kompas.id, Kamis (2/5/2024).

Lantas, berapa harga paket berlangganan internet Starlink di Tanah Air?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×