kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Dinas pendidikan provinsi DKI Jakarta tunjuk Wijaya Karya Bangunan Gedung (WEGE)


Rabu, 12 Desember 2018 / 17:58 WIB

Dinas pendidikan provinsi DKI Jakarta tunjuk Wijaya Karya Bangunan Gedung (WEGE)
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta telah menunjuk PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) untuk menggarap proyek rehabilitasi total gedung kantor Dinas Pendidikan. Saat ini progress proyek senilai Rp 196,6 miliar ini telah mencapai 83%. Adapun kantor Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto.

Manajer Proyek WEGE untuk Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Salman Berbudi menjelaskan dengan mengadopsi beton pra-cetak, pengerjaan gedung tersebut bisa selesai lebih cepat. “Jika menggunakan cor beton konvensional yakni dicetak ditempat, proyek bisa memakan waktu satu tahun,” katanya, Rabu (12/12).


Salman melanjutkan, dengan menggunakan beton pracetak, proyek ini bisa diselesaikan dalam jangka waktu 252 hari. Di proyek ini, WEGE mengerjakan pekerjaan design and build termasuk struktur, aristektur, mekanikal elektrikal, dan plumbing.

Bangunan ini memiliki gedung utama seluas 14.606 meter persegi (m²)yang teridir dari 15 lantai. Empat lantai berbentuk podium serta gedung parkir lima lantai seluas 8.421 m². Adapun gedung ini dibiayai dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. Proyek Pemprov DKI Jakarta ini dimulai pada 13 April 2018 lalu.

Beton pracetak yang digunakan adalah beton pracetak balok dan beton pracetak plat hollow core slab (HCS). Keunggulannya yakni dapat meminimalisir dampak gempa karena beratnya yang lebih ringan. “Tingkat ketahanan pada gempa 6 skala richter,” tambah Salman.


Reporter: Harry Muthahhari
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×