kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,80   -12,69   -1.37%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dirut PLN: Kendaraan Listrik Efektif Secara Operasional


Minggu, 24 Juli 2022 / 07:00 WIB
Dirut PLN: Kendaraan Listrik Efektif Secara Operasional


Reporter: Vina Elvira | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID -DENPASAR. Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyatakan, transportasi berbasis energi listrik terbukti efektif secara operasional. Di mana, kendaraan listrik ini terbukti jauh lebih murah dan berbasis domestik ketimbang kendaraan konvensional. 

Hal ini diungkapkan saat Darmawan menyambut kedatangan konvoi mobil listrik Jakarta-Bali di PLN UID Bali pada Sabtu (23/7) sore. Touring mobil listrik ini merupakan bagian dari gelaran PLN E-Mobility Day, yang acara puncaknya digelar di Bali pada tanggal 24 Juli 2022. 

"Saat ini energi kita terutama BBM adalah berbasis pada impor, sekitar US$ 2,5 miliar lebih, tentu saja ini akan membuat ekonomi negara ini berat untuk itu perlu ada perubahan energi yang impor diganti dengan domestik," ungkap Darmawan, dalam konferensi pers, Sabtu (23/7).

Sebagaimana diketahui, touring Jakarta-Bali kali ini melibatkan Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (Koleksi).

Baca Juga: PLN Gandeng Volta-MCAS Group Bahas Strategi Perbanyak SPBKLU

Menurutnya, konvoi bersama para peserta dari Koleksi itu merupakan aplikasi dari solusi krisis energi yang tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia. 

"Perjalanan ini adalah bagaimana kita membangun ekosistem yang lebih kokoh lagi," lanjut dia. 

Dia berharap ke depannya penggunaan energi berbasis listrik ini akan semakin digaungkan. Dan kegiatan PLN bersama Koleksi ini hanyalah  langkah awal dari berbagai langkah panjang lain untuk membangun ekosistem kendaraan listrik yang lebih baik lagi. 

Sejumlah masukan dari para peserta touring selama melakukan perjalanan Jakarta-Bali dengan mobil listrik ini turut menjadi bahan perbaikan bagi PLN untuk lebih mempersiapkan lagi ekosistem kendaraan listrik. 

Sehingga nantinya dapat semakin memudahkan mobilitas masyarakat Indonesia yang sudah mulai beralih menggunakan kendaraan berbasis energi.

Sekedar informasi, PLN menggelar pameran kendaraan listrik PLN E-Mobility Day: Driving The Future pada 18 Juli-24 Juli 2022 di Denpasar, Bali.

Baca Juga: Buktikan Kelebihan Mobil Listrik, PLN Ajak Masyarakat Touring Jakarta-Bali

PLN juga menghadirkan pameran kendaraan roda empat maupun roda dua berbasis listrik maupun baterai yang diikuti oleh berbagai industri mobil dan motor. Sebut saja Hyundai, Nissan, Toyota, Wuling, DFSK, Gesit, Volta, VIAR, Smoot, dan TVS.

PLN juga menyajikan berbagai infrastruktur pendukung kendaraan listrik, seperti SPKLU Cloud, Home Charging, Ultra Fast Charging dan Fast Charging sebagai bukti bahwa Indonesia siap beralih dari kendaraan berbasis BBM menjadi kendaraan berbasis listrik. 


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×