kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diskon APM diakhir tahun berdampak negatif pada lelang mobil bekas


Rabu, 04 Desember 2019 / 08:35 WIB
Diskon APM diakhir tahun berdampak negatif pada lelang mobil bekas
ILUSTRASI. Penjualan mobil melalui perusahaan pembiayaan di Tangerang Selatan, Minggu (1/12).


Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Perlambatan pertumbuhan pasar otomotif di dalam negeri tahun ini juga dirasakan pasar lelang mobil bekas. Balai Lelang Serasi (IBID) mencatat, kenaikan jumlah unit terjual dibanding tahun lalu tidak sampai lima persen.

"Kenaikan hanya terjadi satu kali setelah keputusan MK usai pemilu kemarin. Setelah itu cenderung flat walau ada sedikit pertumbuhan," ujar Daddy Roxa Manurung, President Director IBID kepada KOMPAS.com, di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Baca Juga: Serius pasarkan mobil listrik, MMKSI sediakan quick charger di Plaza Senayan

Menurutnya, kondisi ini tidak akan bergerak signifikan hingga penutupan tahun ini. Sebab, pertumbuhan pasar lelang akan terbentur program potongan harga tinggi yang diberikan oleh masing-masing merek melalui diler.

Carscoops.com Membeli mobil bekas yang memiliki spesifikasi lebih lengkap bisa jadi pilihan.

Potongan harga dan program serupa di akhir tahun tentu memiliki dampak pada pasar mobil bekas terlebih di lelang. Diperkirakan, harga mobil di lelang bisa turun sampai Rp 5 juta.

"Pengalaman tahun lalu ketika mobil baru diberi diskon besar, harga terbentung di lelang bisa turun Rp 2-5 juta untuk tipe unit populer, Low MPV atau MPV," katanya.

"Menjelang akhir tahun ini, kita belum ada rencana. Tapi harapannya ada suatu trigger yang menyebabkan ada kenaikan," ujar dia.

Baca Juga: Mau hengkang dari Indonesia, harga mobil bekas Datsun bisa anjlok?

Sebagai informasi, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil domestik secara wholesales selama Januari-Oktober 2019 turun 11,75 persen dibanding tahun sebelumnya.

Total penjualan yang terbentuk ialah 849.609 unit, turun dari sebelumnya 962.834 unit. Adapun penjualan secara bulanan, turun 9,47 persen dari 106.079 unit di tahun lalu jadi 96.030 unit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Diskon Akhir Tahun Berdampak Negatif pada Bisnis Lelang Mobil Bekas

Penulis : Ruly Kurniawan
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×