kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Disuntik dana EMTEK, Bukalapak genjot sektor UMKM


Rabu, 04 Februari 2015 / 14:17 WIB
Disuntik dana EMTEK, Bukalapak genjot sektor UMKM
ILUSTRASI. Manfaat bayam untuk kesehatan tubuh.


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Chief Executive Officer Emtek Group, Sutanto Hartono mengatakan, dengan investasi yang dilakukan maka PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) akan menjadi pemilih saham minoritas Bukalapak.com. "Pastinya kami menginvestasikan sekian ratus miliar sehingga kami bisa menjadi pemilik saham minoritas di Bukalapak," ujar Sutanto pada Rabu (4/2).

Emtek melalui anak usahanya, PT Karya Media Karya (KMK Online) menginvestasikan dana seri B kepada Bukalapak. Sutanto bilang nilai investasi yang diberikan kepada Bukalapak berupa dana tunai yang nantinya akan digunakan untuk pengembangan bisnis Bukalapak.

Melalui investasi ini, Suhartono berharap jalinan kerjasama dengan Bukalapak akan bisa membangun online marketplace di Indonesia. "Dengan kerjasama ini, kami percaya bahwa kami dapat membangun online marketplace terdepan dan kami berniat untuk mendukung Bukalapak dalam jangka waktu yang panjang," ujarnya.

VP Business Development dan Strategy KMK Online, Patrick Williamson menambahkan, pihaknya percaya dengan investasi di Bukalapak dan adanya kemitraan yang sedang berjalan ini maka akan bisa menambah kepercayaan pemegang saham yang signifikan bagi EMTEK Group. 

"Kami melihat investasi ini sebagai landasan penting bagi strategi investasi kami dalam membentuk sebuah portofolio para pemimpin online masa datang di Indonesia," ujarnya. 

Bukalapak sendiri merupakan salah satu situs e-commerce yang berfokus pada upaya untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Melalui situs Bukalapak, UKM-UMK yang ada di Indonesia diharapkan dapat menjual produk mereka secara online. 

Situs e-commerce yang sudah berdiri sejak tahun 2011 ini pun saat ini telah memiliki lebih dari 150.000 pelapak (penjual). Dengan banyaknya pelapak yang berpartisipasi dalam situs ini, Bukalapak berhasil mencatatkan pertumbuhan penjual perbulannya mencapai sebesar 20%. 

Chief Executive Officer Bukalapak, Achmad Zaky mengatakan keberhasilan yang dicapai oleh BUkalapak dalam jangka waktu tiga tahun merupakan pencapaian yang fenomenal. Namun pihaknya tidak akan berhenti untuk terus mengembangkan bisnis e commerce ini. 

Untuk itu, dengan kerjasama yang terjalin dengan KMK Online, diharapkan akan bisa semakin mendukung visi-misi Bukalapak untuk bisa terus menumbuhkan penjualan terutama untuk sektor UKM dan toko-toko lokal di seluruh Indonesia. 

"Melalui kerjasama ini, kami yakin kalau tujuan kami dalam menumbuhkan sektor UKM dan memberdayakan toko-toko lokal untuk menjual produk mereka secara nasional akan tercapai. Kami akan menfasilitasi berbagai macam jenis usaha ritel Indonesia kepada para konsumen dari Sabang sampai Marauke," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×