Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen beras merek "Topi Koki", PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) melakukan diversifikasi usaha dengan berfokus ke bisnis fast-moving consumer goods (FMCG).
Direktur Buyung Poetra Sembada, Budimaan Susilo, mengatakan, beras menjadi kebutuhan pokok masyarakat sehingga permintaannya relatif stabil meskipun sepanjang tahun ini biaya produksi beras naik signifikan.
"Namun, saat ini kami melihat semakin banyaknya masyarakat yang peduli mengenai kesehatan dan kepraktisan, HOKI mengambil peluang dengan mulai memasarkan produk beras khusus ‘DailyMeal’," kata Budiman kepada Kontan.co.id, Rabu (3/1).
Baca Juga: Bisnis Beras Stabil, Buyung Poetra (HOKI) Optimistis Pendapatan Tumbuh 10% di 2023
Ia menjelaskan, 'DailyMeal' yaitu beras sehat (DailyMeal Rice) dan beras praktis (DailyMeal Eats) yang pasokannya juga sudah mulai banyak di modern trade dengan menawarkan produk berkualitas dan harga yang terjangkau.
"Kami sedang dalam tahap untuk menambah jaringan distribusinya lagi untuk memperbanyak peredaran produk beras ini, khususnya di area Jawa," ujar Budiman.
Ke depannya, kata dia, HOKi juga akan terus melakukan berbagai inovasi produk DailyMeal Eats dan DailyMeal Rice untuk dapat memenuhi permintaan pasar.
Selain itu, HOKI juga memanfaatkan limbah yang dihasilkan dari proses produksi beras untuk dijadikan bisnis energi terbarukan menggunakan sekam padi dan sudah mencetak laba yang konsisten, serta memiliki anak usaha yang berfokus kepada investasi di pasar modal.
Baca Juga: Lo Kheng Hong Hingga Sukarto Bujung Bicara Soal Investasi Saham Jelang Pemilu
Di tengah tingginya harga bahan baku, Budiman menuturkan HOKI akan tetap menyuplai stok beras komoditi untuk memenuhi kebutuhan pasar dan sebagai bagian diversifikasi.
"HOKI berfokus mengembangkan bisnisnya menuju perusahaan FMCG melalui pengembangan produk DailyMeal sebagai alternatif pangan," tutur Budiman.
"HOKI juga akan terus melakukan ekspansi jaringan penjualannya dan memperbanyak varian produk-produknya," tambahnya.
Budiman menambahkan, HOKI juga akan tetap mempertahankan kapasitas produksi yang ada saat ini, dengan fokus utama untuk mengembangkan produk FMCG Perseroan (DailyMeal), di mana produk ini juga memberikan profitabilitas yang jauh lebih baik.
Baca Juga: Begini Jurus Buyung Poetra (HOKI) Hadapi Kenaikan Harga Bahan Baku
Hingga kuartal III-2023, HOKI membukukan pertumbuhan penjualan 34% YoY menjadi Rp 888,50 miliar di kuartal III 2023. HOKI juga mencatatkan kenaikan pokok penjualan yang tercatat sebesar Rp 819,97 miliar, atau naik 39% dari periode yang sama tahun sebelumnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News