kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.742.000   28.000   1,63%
  • USD/IDR 16.354   42,00   0,26%
  • IDX 6.516   -131,79   -1,98%
  • KOMPAS100 926   -15,28   -1,62%
  • LQ45 727   -11,27   -1,53%
  • ISSI 204   -5,48   -2,62%
  • IDX30 379   -5,12   -1,33%
  • IDXHIDIV20 454   -6,82   -1,48%
  • IDX80 105   -1,64   -1,53%
  • IDXV30 108   -1,53   -1,40%
  • IDXQ30 124   -1,87   -1,49%

DMMX & CRI Group Jalin Kemitraan untuk Hadirkan Teknologi Smart Retail Berbasis AI


Jumat, 14 Maret 2025 / 22:43 WIB
DMMX & CRI Group Jalin Kemitraan untuk Hadirkan Teknologi Smart Retail Berbasis AI
ILUSTRASI. Digital Mediatama meluncurkan produk dan layanan baru pada Salon International de l'Alimentation (SIAL) Interfood 2024.


Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis restoran jika hendak memberikan layanan terbaik bagi pelanggan tentu perlu beradaptasi dengan teknologi.  Langkah inilah yang dtempuh oleh PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK), yang dikenal sebagai salah satu jaringan restoran besar di Indonesia menjalin kemitraan strategis dengan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX).

Melalui kemitraan ini, DMMX dan CRI Group berkomitmen untuk memperkenalkan teknologi Smart Retail berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di jaringan restoran milik CRI Group yang tersebar di berbagai wilayah, termasuk Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan.

Dengan potensi ratusan gerai dengan merek dagang Grillman, Gokana Ramen & Teppan, Raacha Suki & BBQ, Monsieur Spoon, Croco by Monsieur Spoon, Dewata by Monsieur Spoon, BMK Baso Malang Karapitan, Chopstix, dan Platinum Cafe& Resto, penerapan teknologi digital berbasis AI ini diharapkan dapat mempercepat proses transformasi digital dalam industri restoran, serta meningkatkan efisiensi dalam hal promosi dengan membuat promosi yang lebih personal dan relevan dengan pelanggan seperti menawarkan diskon atau promo spesial untuk pelanggan baru maupun pelanggan setia ENAK.

Baca Juga: Ini Strategi Digital Mediatama (DMMX) untuk Kejar Pertumbuhan Kinerja pada 2025

Direktur Utama PT Champ Resto Indonesia Tbk, Eric Leong, mengatakan, “Kami terus berinovasi dalam menghadirkan layanan terbaik kepada pelanggan. Di era teknologi digitalisasi saat ini, CRI Group juga telah mengembangkan solusi teknologi dan informasi (IT Solution) dalam layanan operasional  seperti CHAMP SUPER APP, layar digital berbasis AI, dan lainnya. 

Pengimplementasian IT Solution ini membantu CRI group untuk memberikan layanan terbaik melalui aplikasi  loyalitas pelanggan ENAK yang fitur-fiturnya dikembangkan untuk akselerasi order, delivery, dan terpenting adalah program loyalitas yang ditujukan bagi pengguna setia (loyalti customer) CRI Group. Solusi layar digital berbasis AI dimulai CRI group melalui membangun kemitraan dengan DMXX. 

Di mana sebagai langkah awal dilakukan implementasi teknologi layar digital berbasis AI di beberapa gerai CRI Group, seperti di Monsieur Spoon, Croco, Raacha Suki & BBQ, dan Platinum. Teknologi ini memungkinkan CRI Group untuk mengelola konten promosi secara terpusat melalui cloud infrastructure yang dilengkapi dengan berbagai fitur pintar. Teknologi layar digital berbasis AI dari DMMX memberikan kami fleksibilitas untuk menyampaikan konten yang relevan dan menarik.”   

Fitur utama yang ditawarkan oleh teknologi Smart Retail berbasis AI ini antara lain pengelolaan konten dinamis yang dapat disesuaikan dengan waktu, lokasi, dan profil pelanggan, serta kemampuan untuk menghasilkan konten kreatif yang interaktif dan menarik. 

Baca Juga: Harga Terbang, BEI Pantau UMA Saham Digital Mediatama Maxima (DMMX)

Dengan demikian, solusi teknologi dan informasi ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman yang impresif bagi pelanggan, sekaligus membantu efisiensi dan efektivitas promosi CRI Group. Implementasi teknologi Smart Retail berbasis AI ini dapat juga digunakan untuk meningkatkan kemampuan analisa pelanggan dan aktivitas bisnis di gerai  secara lebih mendalam dan tepat sasaran, tetapi saat ini belum diimplementasikan oleh CRI Group.

Direktur Utama DMMX, Budiasto Kusuma, menyatakan, “Kami sangat antusias dengan kemitraan ini, karena mencerminkan komitmen DMMX untuk membantu mitra bisnis dalam mempercepat transformasi digital. Dengan solusi Smart Retail berbasis AI, kami yakin CRI Group dapat mengoptimalkan pengelolaan operasional sekaligus menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih menarik dan personal di setap outlet mereka saat mengimplementasikan semua fitur yang ada.”

Kemitraan ini juga menegaskan peran DMMX dalam mendukung digitalisasi sektor Food and Beverage (F&B) di Indonesia melalui teknologi terkini. Dengan fokus pada transformasi digital dan pengalaman pelanggan, kemitraan ini diharapkan menjadi katalisator dalam menciptakan ekosistem smart retail yang yang lebih pintar, efisien, dan terintegrasi di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Perusahaan Teknologi DMMX lewat ZKDigimax, Dukung Handan Sunshine Supermarket

Selanjutnya: Riset Ipsos Indonesia Sebut Gen Z dan Milenial Paling Aktif Gunakan Bank Digital

Menarik Dibaca: Ekspansi Klinik Gigi Damessa Terus Berlanjut dengan Pembukaan Cabang Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×