Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. MIND ID menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dengan tak hanya menerapkan praktik operasional hijau, tetapi juga memperkuat pendekatan edukatif yang inovatif dan inklusif.
BUMN Holding Industri Pertambangan ini percaya bahwa kesadaran lingkungan harus dibangun dari pemahaman masyarakat. Karena itu, MIND ID secara aktif menggulirkan program edukatif untuk berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga masyarakat di sekitar wilayah operasional.
Terbaru, MIND ID dan anggota grup menghadirkan booth interaktif bertajuk Sustainibox di ajang Human Capital Summit (HCS) 2025 di Jakarta Convention Center (JCC).
Sustainibox mengajak pengunjung menjawab pertanyaan ringan seputar gaya hidup dan tempat tinggal—rumah, indekos, atau apartemen. Berdasarkan jawaban, peserta akan menerima souvenir edukatif yang sesuai dengan profil mereka.
Baca Juga: Ini Strategi MIND ID Pacu Dekarbonisasi
Sekretaris Perusahaan MIND ID, Pria Utama, menyatakan bahwa Sustainibox merupakan bentuk penyampaian pesan keberlanjutan dengan pendekatan segar. “Souvenir biasanya sekadar kenang-kenangan. Kami ingin menyisipkan nilai edukatif di dalamnya,” ujarnya, Kamis (5/6).
Contohnya, pengunjung yang gemar berkebun akan mendapat pupuk cair produksi UMKM binaan MIND ID. Yang tinggal di apartemen dan memelihara ikan menerima koral kecil sebagai media penyerap karbon air. Sementara peserta tanpa ruang hijau atau peliharaan air mendapatkan tumbler ramah lingkungan sebagai simbol gaya hidup minim sampah plastik.
Melalui Sustainibox, MIND ID ingin menegaskan bahwa kontribusi terhadap lingkungan bisa dimulai dari hal sederhana yang selaras dengan keseharian. “Keberlanjutan bukan sekadar jargon, tapi tanggung jawab bersama. Lewat langkah kecil seperti Sustainibox, kami ingin menunjukkan bahwa setiap individu bisa berperan bagi bumi,” tutup Pria.
Selanjutnya: Dominasi E-commerce Asing Picu Kekhawatiran, Kadin DKI Dorong Regulasi Lindungi UMKM
Menarik Dibaca: Libur Panjang Idul Adha, KAI Sudah Jual 580.000 Tiket Kereta
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News