kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Dorong Pariwisata Berkelanjutan, Traveloka Resmi Jadi Affiliate Member UNWTO


Jumat, 16 Juni 2023 / 09:55 WIB
Dorong Pariwisata Berkelanjutan, Traveloka Resmi Jadi Affiliate Member UNWTO
ILUSTRASI. Dorong Pariwisata Berkelanjutan, Traveloka Resmi Jadi Affiliate Member UNWTO


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Traveloka secara resmi menjadi Anggota Afiliasi Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) atas kontribusinya terhadap sektor pariwisata berkelanjutan di Asia Tenggara. Pengumuman ini dibuat dalam Konferensi UNWTO di Phnom Penh, Kamboja, yang berlangsung pada tanggal 15-17 Juni 2023.

Co-Founder Traveloka, Albert, menyatakan bahwa seiring dengan pertumbuhan perusahaan, Traveloka terus berupaya memberikan dampak positif bagi industri pariwisata secara keseluruhan. 

"Kami secara aktif melakukan inovasi dan memperkuat advokasi pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Bergabung sebagai Anggota Afiliasi UNWTO dan terlibat dalam berbagai Forum Diskusi Internasional Tingkat Tinggi seperti Konferensi UNWTO adalah salah satu contohnya," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (16/16).

Baca Juga: Kenapa Tidak Boleh Merokok di Pesawat? Simak Alasannya di Sini

Sebagai satu-satunya platform perjalanan di Asia Tenggara yang berhasil mencapai status Anggota Afiliasi Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO), Traveloka berbagi pandangan mengenai tantangan dan peluang di era pemulihan pariwisata. Mereka juga menekankan pentingnya inovasi dan kemitraan strategis dengan pemerintah lokal maupun regional.

Dengan jangkauan Traveloka yang mencakup 6 negara di Asia Tenggara, perusahaan ini memanfaatkan keikutsertaannya dalam forum ini untuk memastikan pemulihan industri pariwisata yang berkelanjutan di kawasan tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, Pemerintah Indonesia dinilai sukses dalam menangani pandemi dan menjaga pertumbuhan ekonomi tetap stabil. 

Menurutnya, keberhasilan ini menarik kepercayaan dari dunia kepada Indonesia mengingat tren pemulihan terus menunjukkan peningkatan positif. 

"Melalui partisipasi dalam diskusi tingkat tinggi ini, kami berharap Indonesia dapat memberikan masukan untuk industri pariwisata global pasca pandemi serta mendorong terciptanya pariwisata yang berkelanjutan,” ujar Sandiaga.

Sekretaris Jenderal UNWTO, Zurab Pololikashvili, menyatakan bahwa keterlibatan sektor swasta sangat penting dalam mempromosikan pariwisata berkelanjutan dan mencapai Agenda 2030. 

"Kami yakin bahwa kolaborasi dengan Traveloka akan memberikan kontribusi besar pada pengembangan sektor pariwisata dunia yang lebih berkelanjutan," ujarnya.

Baca Juga: ​14 Tempat Wisata di Solo Bernuansa Budaya dan Sejarah

Traveloka dianggap memenuhi beberapa kriteria untuk menjadi Anggota Afiliasi, antara lain mendapatkan dukungan dari pemerintah Indonesia, memiliki kapasitas yang mumpuni untuk berkontribusi pada misi UNWTO dengan memperkuat kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta dalam pariwisata global berkelanjutan, serta memiliki tujuan, kegiatan, dan keahlian yang menunjukkan keterkaitan dengan nilai-nilai yang dipromosikan oleh UNWTO.

Sebagai Anggota Afiliasi, Traveloka akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan Anggota Afiliasi lainnya, beradvokasi dengan pemimpin pariwisata dan pemimpin negara anggota lainnya dalam konteks global, terlibat dalam dialog tingkat tinggi di tingkat regional/global, serta memiliki akses terhadap tren pariwisata global yang disediakan oleh UNWTO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×