kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Pelestarian Lingkungan Hidup, Astra Gelar Workshop Lingkungan Astra 2023


Kamis, 23 November 2023 / 18:55 WIB
Dukung Pelestarian Lingkungan Hidup, Astra Gelar Workshop Lingkungan Astra 2023
ILUSTRASI. Astra kembali gelar workshop lingungan Astra 2023 di Kampung Berseri Astra Pekayon, Bekas, Kamis (23/11).


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Lidya Yuniartha

KONTAN.CO.ID - BEKASI. PT Astra International Tbk menggelar Workshop Lingkungan Astra 2023 di Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/11).

Workshop ini merupakan salah satu bentuk dukungan Astra terhadap pelestarian lingkungan hidup. Dan, workshop lingkungan ini bukan yang pertama kali Astra gelar.

"Sudah 14 tahun Astra melakukan hal ini, mengajak jurnalis dan content creator untuk ikut terlibat langsung, datang ke Kampung Berseri Astra," ujar Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto, Kamis (23/11).

Adapun Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon sudah Astra bina sejak tahun 2015. Menurut Boy, KBA Pekayon merupakan salah satu dari 194 KBA yang Astra bina di seluruh Indonesia.

KBA Pekayon juga merupakan kampung PROKLIM, yang berarti masyarakatnya terlibat langsung dalam mitigasi perubahan iklim. Dari 194 KBA binaan Astra, 78 di antaranya merupakan Kampung PROKLI.

Bukan hanya KBA, Astra pun membina 1.060 Desa Sejahtera Astra (DSA), bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat desa dalam pengembangan ekonomi pedesaan berbasis sumber daya lokal.

Melalui program DSA, sejumlah UMKM di KBA dan DSA yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia berhasil mengekspor produknya.

"Ini merupakan upaya kami dari Astra untuk selalu mengajak masyarakat untuk terlibat dalam pengembangan desanya," ujar Boy.

Baca Juga: Astra Daihatsu Motor (ADM) Pasang Panel Surya di Pabrik Perakitan Karawang

Ketua KBA Pekayon Eko Purwanto bercerita, awalnya KBA Pekayon hanya merupakan sekumpulan ibu-ibu yang menyenangi keindahan dan kebersihan lingkungan.

"Seiring perjalanannya, 10 tahun kemudian bertemu dengan Astra dan di sinilah kami bekerja sama dan ini adalah akselerasi yang luar biasa," katanya.

Selama kegiatan workshop ini, para peserta diajak untuk mengenal lebih jauh terkait berbagai upaya menjaga kelestarian lingkungan yang diterapkan oleh warga sekitar.

Mulai dari praktik ecoprint secara langsung, mengeksplorasi KBA Pekayon yang memiliki luas 17 hektare, mengikuti Go Green Mini Tour KBA Pekayon Zona Hijau, praktik memilah sampah, mengolah minyak jelantah menjadi produk bermanfaat seperti aromaterapi, pembuatan eco enzim, hingga mendapatkan pengetahuan terkait pola bersih hidup sehat atau PHBS.

Program pengembangan masyarakat KBA sendiri dijalankan dengan berbasis komunitas dalam satu kampung yang mengintegrasikan inisiatif empat pilar Public Contribution Roadmap.

Yakni, Astra untuk Indonesia Sehat, Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Hijau, dan Astra untuk Indonesia Kreatif.

Melalui pelaksanaan program KBA, Astra ingin mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sesuai dengan keempat pilar tersebut.

Pada pilar kesehatan di KBA Pekayon, warga memiliki posyandu, poswindu yang rutin dilakukan secara door to door. Warga setempat juga secara aktif melakukan senam rutin bersama.

Pada pilar pendidikan, KBA Pekayon memiliki taman bacaan dan pemberian beasiswa dari Astra dan sekaligus mendapatkan pembinaan sekolah sekitar untuk menjadi sekolah adiwiyata.

Baca Juga: Astra Half Marathon 2023 Xtramile, Ajak Lebih 4.000 Pelari Dukung Gaya Hidup Sehat

Pada program pemberian beasiswa, KBA Pekayon melakukan seleksi ketat terhadap calon penerima beasiswa yang kemudian akan diseleksi oleh Astra.

Pada pilar lingkungan, sebagai kampung dengan predikat proklim lestari, kegiatan yang dilakukan oleh warga setempat antara lain mencakup mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan.

Caranya, melalui kegiatan pembuatan kompos, bank sampah, penghijauan, energi terbarukan, kegiatan hemat energi dan penghijauan kota.

Program bank sampah mengajak para warga memahami dalam memilah sampah, hingga saat ini para warga berhasil mengumpulkan 570 kg sampah plastik sekali pakai, serta program pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan dasar sabun organik.

Berbagai kegiatan dilakukan untuk menekan pengurangan sampah plastik sekali pakai di wilayah KBA Pekayon. Salah satunya dengan program Gerakan Mengurangi Plastik Pasar (Gempar).

Proses penyuluhan berlangsung dengan mendatangi pasar-pasar dan pedagang sayur keliling di sekitar KBA Pekayon untuk memberikan penyuluhan agar pedagang tidak menyediakan kantong plastik sekali pakai.

Pada pilar kewirausahaan, KBA Pekayon memiliki koperasi yang difungsikan sebagai wadah bagi UMKM di lingkungan RW 08 hingga 11 untuk mempromosikan sekaligus menjual dagangan para pelaku UMKM.

Setidaknya, terdapat 50 usaha mikro kecil menengah yang aktif di KBA yang memiliki kurang lebih 800 kepala keluarga tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×