Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) berhasil mencatatkan kinerja yang mengesankan selama semester pertama tahun 2024. Dengan pendapatan mencapai Rp 781 miliar, DYAN mengalami peningkatan sebesar 36% year on year (YoY) dibandingkan dengan Rp 576 miliar pada semester pertama tahun 2023.
Kontribusi terbesar pendapatan DYAN berasal dari segmen penyelenggaraan acara dan pameran yang dijalankan oleh PT Dyandra Promosindo dan anak perusahaannya, mencapai 79% atau setara dengan Rp 619 miliar. Segmen ruang konvensi dan pameran menyumbang 16% atau Rp 123 miliar, segmen hotel sebesar 3%, dan segmen pendukung acara sebesar 2%.
Baca Juga: DYAN Perkirakan Pendapatan Event Organizer Berkontribusi Hingga 81%
Dukungan Tren Industri MICE
Dalam keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (26/7), dijelaskan bahwa pertumbuhan kinerja DYAN pada semester pertama didukung oleh meningkatnya tren industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), serta permintaan pasar yang tinggi terhadap penyelenggaraan acara dan pameran.
Corporate Secretary DYAN, Mirna Gozal, menyatakan bahwa perusahaan terus berupaya menyelenggarakan acara dan pameran yang inovatif serta tepat sasaran. "Selain itu, Perseroan melihat potensi dalam pengembangan produk dan jasa dari masing-masing unit usahanya dengan menghasilkan IP event baru," ungkapnya.
Rencana Acara pada Semester Kedua 2024
Beberapa acara yang akan diselenggarakan pada semester kedua tahun 2024 melalui PT Dyandra Promosindo dan anak perusahaannya antara lain:
- International Franchise, License, and Business Concept Expo & Conference (IFRA) pada 16-18 Agustus 2024
- Kickfest Malang pada 28 Agustus-1 September 2024
- Jakarta Wedding Festival (JWF) pada 30 Agustus-1 September 2024
- Willow Baby Expo (WILBEX) pada 5-8 September 2024
- Projek-D Music Festival & IIMS Motobike pada 7-8 September 2024
- IFG International Conference pada 24 September 2024
- ASEAN Energy Business Forum (AEBF) pada 25-27 September 2024
Untuk segmen bisnis ruang konvensi dan pameran, PT Nusa Dua Indonesia berfokus pada perluasan pangsa pasar di kawasan Asia Pasifik serta penetrasi pasar domestik.
Mirna menambahkan bahwa hingga semester pertama tahun 2024, target pendapatan DYAN masih sesuai dengan proyeksi yang telah ditetapkan oleh manajemen.
Dengan meningkatnya permintaan pasar industri MICE terhadap penyelenggaraan acara dan pameran, diharapkan kinerja perseroan dapat terus meningkat hingga akhir tahun.
Optimisme Terhadap Pertumbuhan Pendapatan
"Perseroan tetap optimis bahwa tahun 2024 akan mencatatkan kinerja positif dan menargetkan pertumbuhan pendapatan hingga 15%," tandas Mirna.
Pada sisi bottom line, DYAN berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 85 miliar per akhir Juni 2024.
Selanjutnya: Harga Minyak Menuju Penurunan Mingguan Ketiga, Tertekan Harapan Gencatan Senjata Gaza
Menarik Dibaca: 6 Minuman Penurun Gula Darah yang Ampuh, Coba yuk
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News