kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.105.000   12.000   0,57%
  • USD/IDR 16.390   -37,00   -0,23%
  • IDX 7.918   -19,47   -0,25%
  • KOMPAS100 1.108   -3,02   -0,27%
  • LQ45 802   -6,78   -0,84%
  • ISSI 272   0,49   0,18%
  • IDX30 417   -3,20   -0,76%
  • IDXHIDIV20 484   -2,34   -0,48%
  • IDX80 122   -0,85   -0,69%
  • IDXV30 132   -0,79   -0,60%
  • IDXQ30 135   -0,72   -0,53%

E-commerce Indonesia tumbuh 12 kali lipat dalam empat tahun


Senin, 07 Oktober 2019 / 14:10 WIB
E-commerce Indonesia tumbuh 12 kali lipat dalam empat tahun
ILUSTRASI. Ilustrasi belanja online


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berdasarkan laporan e-Conomy SEA yang disusun Google, Temasek dan Bain & Company yang dirilis pekan lalu, valuasi sektor e-commerce di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 21 miliar pada tahun ini, jumlah tersebut bertumbuh 12 kali lipat ketimbang tahun 2015.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia menyebut saat ini e-commerce juga sudah mulai merambah produk grosir dan produk harian. Bahkan pada tahun 2025 mendatang, e-commerce Indonesia diperkirakan bisa mencapai US$ 82 miliar.

Baca Juga: BI dorong ekonomi digital sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru Indonesia

"E-commerce tetap maju, opportunity-nya mulai besar dan pemain tidak hanya berpikir soal pertumbuhan tetapi juga monetisasi dan model bisnis baru," ujarnya di Jakarta, Senin (7/10).

Kehadiran e-commerce memang memberikan pengalaman berbelanja yang unik dengan menggabungkan promo dan unsur hiburan. Hal ini terkait dengan banyaknya pencarian voucher, kupon dan promosi yang diberikan oleh pelaku e-commerce selama festival belanja seperti Harbolnas.

"Menurut Google Trends, pencarian tersebut telah meningkat dua kali lipat dalam empat tahun terakhir," lanjutnya.

Baca Juga: Bukalapak dan Lion Parcel jalin kerjasama di bidang logistik

Ia melihat ke depan potensi market domestik bagi e-commerce masih cukup potensial. Namun kesempatan untuk ekspor produk juga lebih mudah. Tidak hanya di kota-kota metropolitan, tetapi kota non metropolitan juga memiliki potensi pertumbuhan yang baik.

"Kalau logistik e-commerce di kota non metro sudah bisa garap, saya kira e-commerce akan tumbuh lebih tinggi lagi," tutupnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×