kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.561.000   59.000   2,36%
  • USD/IDR 16.804   10,00   0,06%
  • IDX 8.615   -31,05   -0,36%
  • KOMPAS100 1.191   -5,86   -0,49%
  • LQ45 853   -6,77   -0,79%
  • ISSI 309   -0,06   -0,02%
  • IDX30 437   -3,15   -0,72%
  • IDXHIDIV20 509   -4,41   -0,86%
  • IDX80 133   -0,88   -0,65%
  • IDXV30 138   -0,54   -0,39%
  • IDXQ30 139   -1,20   -0,86%

E-commerce Indonesia tumbuh 12 kali lipat dalam empat tahun


Senin, 07 Oktober 2019 / 14:10 WIB
E-commerce Indonesia tumbuh 12 kali lipat dalam empat tahun
ILUSTRASI. Ilustrasi belanja online


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berdasarkan laporan e-Conomy SEA yang disusun Google, Temasek dan Bain & Company yang dirilis pekan lalu, valuasi sektor e-commerce di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 21 miliar pada tahun ini, jumlah tersebut bertumbuh 12 kali lipat ketimbang tahun 2015.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia menyebut saat ini e-commerce juga sudah mulai merambah produk grosir dan produk harian. Bahkan pada tahun 2025 mendatang, e-commerce Indonesia diperkirakan bisa mencapai US$ 82 miliar.

Baca Juga: BI dorong ekonomi digital sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru Indonesia

"E-commerce tetap maju, opportunity-nya mulai besar dan pemain tidak hanya berpikir soal pertumbuhan tetapi juga monetisasi dan model bisnis baru," ujarnya di Jakarta, Senin (7/10).

Kehadiran e-commerce memang memberikan pengalaman berbelanja yang unik dengan menggabungkan promo dan unsur hiburan. Hal ini terkait dengan banyaknya pencarian voucher, kupon dan promosi yang diberikan oleh pelaku e-commerce selama festival belanja seperti Harbolnas.

"Menurut Google Trends, pencarian tersebut telah meningkat dua kali lipat dalam empat tahun terakhir," lanjutnya.

Baca Juga: Bukalapak dan Lion Parcel jalin kerjasama di bidang logistik

Ia melihat ke depan potensi market domestik bagi e-commerce masih cukup potensial. Namun kesempatan untuk ekspor produk juga lebih mudah. Tidak hanya di kota-kota metropolitan, tetapi kota non metropolitan juga memiliki potensi pertumbuhan yang baik.

"Kalau logistik e-commerce di kota non metro sudah bisa garap, saya kira e-commerce akan tumbuh lebih tinggi lagi," tutupnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×