kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

E-Commerce Siap Manfaatkan Momentum Ramadan untuk Kerek Transaksi


Jumat, 01 Maret 2024 / 19:57 WIB
E-Commerce Siap Manfaatkan Momentum Ramadan untuk Kerek Transaksi
ILUSTRASI. Para pelaku e-commerce siap memanfaatkan momentum Ramadan untuk meningkatkan transaksi. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pelaku e-commerce siap memanfaatkan momentum Ramadan untuk meningkatkan transaksi. Pada momentum menyambut Ramadan, masyarakat akan berbelanja segala kebutuhan berupa makanan dan minuman, terutama makanan dan minuman manis untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Compas.co.id melakukan riset kategori F&B di sektor FMCG pada periode 1 - 25 Januari 2024 dan 1 - 25 Februari 2024 di platform e-commerce. Berdasarkan riset, Compas.co.id menemukan makanan dan minuman manis mengalami kenaikan hingga mencapai 75% pada bulan Februari 2024, dibanding Januari 2024.

Pada kategori F&B, Frozen Food masih menjadi pilihan utama konsumen, dengan jumlah produk terjual mencapai 3,1 juta produk.

Menyambut momentum Ramadan, AVP Media & Communications Bukalapak Fairuz Ahmad Iqbal menuturkan, Bukalapak menyambut baik antusiasme masyarakat dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Jumlah Penjualan Produk Makanan dan Minuman di E-Commerce Naik 75%

"Campaign Ramadan Bukalapak Tahun ini akan mengusung tema #RamaikanRamadan yang memiliki tujuan utama untuk meramaikan ramadan dengan belanja kebutuhan-kebutuhan ramadan dengan promo-promo yang menarik seperti diskon, FlashDeal harga spesial, dan beberapa program giveaway voucher belanja di sosial media," kata Fairuz kepada KONTAN, Jumat (1/3).

Sementara itu, PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) turut menyemarakan Ramadan dengan mengahdirkan Double Day 3.3 untuk Siap Menyambut Double Berkah mulai 3-5 Maret 2024.

“Data internal Blibli mencatat adanya peningkatan minat pelanggan berbelanja selama campaign double day mencapai hampir lebih dua kali lipat dibanding hari biasa di sepanjang tahun lalu,” kata Wilson Kiantoro, Head of Campaign Blibli dalam keterangan resminya, Jumat (1/3).

Ia menuturkan, tren meningkatnya kebutuhan masyarakat Indonesia di setiap momen Ramadan, termasuk di tahun ini, diantisipasi dengan menyiapkan berbagai seleksi produk mulai dari kategori Bliblimart, Handphone & Tablet, Peralatan Elektronik hingga Fashion dan Kecantikan dengan penawaran spesial hanya di Double Day 3.3.

Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan menyampaikan, Tokopedia dan TikTok mengadakan kampanye Ramadan Ekstra Seru. Menjelang bulan puasa, intensi masyarakat dalam mencari produk kebutuhan lewat Tokopedia dan 'Shop | Tokopedia' di aplikasi TikTok menjadi lebih tinggi.

Baca Juga: GOTO Membantah Kabar Merger dengan Grab, Ini Kata Analis

"Untuk mengakomodasi hal tersebut, Tokopedia dan TikTok menghadirkan kampanye Ramadan Ekstra Seru dengan sederet promo," kata Aditia dalam keterangan resminya, Rabu (28/2).

Ia menambahkan, Ramadan Ekstra Seru merupakan upaya TikTok dan Tokopedia untuk membantu masyarakat berbelanja kebutuhan menjelang Ramadan dengan lebih hemat dan seru. Selain itu, kampanye ini memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha lokal khususnya UMKM untuk meningkatkan penjualan menjelang Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×